Page 608 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 608

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



          lainnya.  Dengan  demikian,  keadaan  yang  beraneka  ragam
          tersebut  memungkinkan  UT  untuk  memilah-milah  kelompok-
          kelompok  mahasiswa  tersebut  berdasarkan  karakteristik  tertentu
          yang  relevan  dengan  kebutuhan  UT  Upaya  memilah-milah  ini
          penting, dengan pertimbangan bahwa
          a.  tidak semua mahasiswa UT memiliki karakteristik yang sama;
          b.  sekelompok  mahasiswa  yang  memiliki  kesamaan  dalam
              perilaku,  nilai-nilai  yang  dianut,  dan  latar  belakang  mungkin
              dapat diidentifikasi;
          c.  memilah mahasiswa dalam kelompok-kelompok tertentu  akan
              lebih kecil dan lebih homogen;  serta
          d.  UT  akan  lebih  "mudah"  berhubungan  dengan  kelompok-
              kelompok  mahasiswa  kecil  yang  memiliki  karateristik  yang
              sama  daripada  berurusan  dengan  kelompok-kelompok  yang
              besar dan bervariasi.


                  Pentingnya  melakukan segmentasi pasar juga ditegaskan
          oleh McCarthy dkk.  (1998,  hal114) yang  mengungkapkan bahwa:
          " ... adalah  mustahil  untuk  menjadi  segalanya  bagi  semua  orang,
          dengan  demikian  akan  berusaha  memfokuskan  berbagai  strategi
          untuk  definisi  segmen  tertentu  untuk  memperoleh  pasar".
          Sedangkan  menurut  Kennedy  dan  Kiel  (2000,  hal97) pentingnya
          segmentasi  terungkap  dari  pernyataannya  bahwa  "Segmentasi
          menolong  menggabungkan  berbagai  produk  dan  pelayanan
          sesuai dengan kebutuhan dan  kemauan  konsumen".  Merujuk dua
          pendapat  tersebut,  jelas  sekali  bahwa  segmentasi  akan
          membantu  UT  dalam  mendesain  program  studi,  menentukan
          tingkat  harga,  dan  mengembangkan  kebijakan  promosi  dan
          komunikasi,  serta  ragam  layanan  yang  akan  disediakan  yang
          tepat,  sesuai dengan karakteristik dari masing-masing segmen







                                                                  603
   603   604   605   606   607   608   609   610   611   612   613