Page 606 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 606

_____________ PE_·N_D_ID_I_KA_N_TINGGI  )ARAK )AUH



          1.  Mengidentifikasi dan Mengevaluasi Peluang Pasar
              Pendidikan Jarak Jauh
                  Adalah  fakta  bahwa  setiap  organisasi,  termasuk  UT,
          hidup di  bawah tekanan  perubahan.  Perubahan  yang  diakibatkan
          oleh  kemajuan  dalam  berbagai  b1dang    kehidupan,  telah
          berimplikasi  pada  semakin  beraneka  ragamnya  kebutuhan  dan
          tuntutan  hidup  setiap  mahasiswa.  UT  hidup  di  bawah  pengaruh
          perkembangan  budaya  masyarakat  di  sekitarnya,  serta  faktor-
          faktor  eksternal  lainnya  seperti:  kondisi  ekonomi,  situasi  politik,
          keyakinan  dan  nilai,  serta  norma  yang  dianut  masyarakat.
          Keadaan  yang  terjadi  di  luar organisasi  tersebut ada  yang  dapat
          dikendalikan  UT tetapi  pada  umumnya  merupakan  keadaan  atau
          faktor yang tidak dapat dikendalikan.
                  Memahami  dan  menyikapi  aktivitas  pemasaran  UT  yang
          dilakukan  dalam  situasi  seperti  tersebut  di  atas  maka  tidak  ada
          jaminan  bagi  UT  tentang  keefektifan  pemasarannya.  Setiap  stat
          UT,  terutama yang  paling relevan dengan tugas-tugas pemasaran
          tersebut harus mampu "membaca" secara seksama situasi-situasi
          di  luar tersebut.  Setelah  itu,  UT harus  mampu  "menerjemahkan"
          situasi  serta  perubahan  tersebut  ke  dalam  kerangka  peluang
          pasarnya.
                  Di  dalam  mengidentifikasi  dan  mengevaluasi  peluang
          pasar,  terdapat  dua  aspek  yang  harus  dicermati  UT,  yaitu  (1)
          kekuatan  dan  kelemahan  UT,  dan  (2)  kesesuaian  antara peluang
          dengan kemampuan  UT Keanekaragaman yang terjadi di luar UT
          mungkin  menawarkan  begitu  banyak  peluang  tetapi  tidak  semua
          peluang  yang  tersedia  tersebut  dapat  dijadikan  sebagai  peluang
          yang  realistik  karena  UT dihadapkan  pada  keterbatasan  sumber
          daya  serta  visi  UT.  Perusahaan  Procter  and  Gamble  (P&G),
          sebuah  perusahaan  besar  di  Amerika,  mungkin  mengidentifikasi
          sebuah  kesempatan  dan  dengan  kekuatan  sumber  daya  yang




                                                                  601
   601   602   603   604   605   606   607   608   609   610   611