Page 606 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 606
_____________ PE_·N_D_ID_I_KA_N_TINGGI )ARAK )AUH
1. Mengidentifikasi dan Mengevaluasi Peluang Pasar
Pendidikan Jarak Jauh
Adalah fakta bahwa setiap organisasi, termasuk UT,
hidup di bawah tekanan perubahan. Perubahan yang diakibatkan
oleh kemajuan dalam berbagai b1dang kehidupan, telah
berimplikasi pada semakin beraneka ragamnya kebutuhan dan
tuntutan hidup setiap mahasiswa. UT hidup di bawah pengaruh
perkembangan budaya masyarakat di sekitarnya, serta faktor-
faktor eksternal lainnya seperti: kondisi ekonomi, situasi politik,
keyakinan dan nilai, serta norma yang dianut masyarakat.
Keadaan yang terjadi di luar organisasi tersebut ada yang dapat
dikendalikan UT tetapi pada umumnya merupakan keadaan atau
faktor yang tidak dapat dikendalikan.
Memahami dan menyikapi aktivitas pemasaran UT yang
dilakukan dalam situasi seperti tersebut di atas maka tidak ada
jaminan bagi UT tentang keefektifan pemasarannya. Setiap stat
UT, terutama yang paling relevan dengan tugas-tugas pemasaran
tersebut harus mampu "membaca" secara seksama situasi-situasi
di luar tersebut. Setelah itu, UT harus mampu "menerjemahkan"
situasi serta perubahan tersebut ke dalam kerangka peluang
pasarnya.
Di dalam mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang
pasar, terdapat dua aspek yang harus dicermati UT, yaitu (1)
kekuatan dan kelemahan UT, dan (2) kesesuaian antara peluang
dengan kemampuan UT Keanekaragaman yang terjadi di luar UT
mungkin menawarkan begitu banyak peluang tetapi tidak semua
peluang yang tersedia tersebut dapat dijadikan sebagai peluang
yang realistik karena UT dihadapkan pada keterbatasan sumber
daya serta visi UT. Perusahaan Procter and Gamble (P&G),
sebuah perusahaan besar di Amerika, mungkin mengidentifikasi
sebuah kesempatan dan dengan kekuatan sumber daya yang
601