Page 609 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 609

Darojat,  MemJsarkan Pendidikan Jarak  Jauh
                                     -------------------------


        3.  Mengembangkan Strategi Bauran Pemasaran untuk
            Memuaskan Kebutuhan Mahasiswa

               Konsep  PHTP  (produksi,  harga,  tempat,  dan  promosi)
        merupakan  konsep  yang  paling  populer  dalam  mengilustrasikan
        bauran  pemasaran  Memang  masih  ada  konsep-konsep  lainnya
        seperti  konsep  VHTS  (variasi,  harga,  tempat,  dan  suara)  yang
        dapat  diadopsi  tergantung  pada  kebutuhan  masing-masing.
        Dengan  merujuk  pada  empRt  variabel  dari  konsep  PHTP  dan
        VHTS  tersebut,  UT  dapat  mengembangkan  konsep  bauran
        pemasarannya dengan me:1gelola aspek-aspek berikut.


        a   Strategi Produk (Vanasi).
            Merujuk  pendapat  Kotler  (1976,  hal291)  bahwa  "Suatu
            produk  adalah  sesuatu  yang  ditawarkan  kepada  pasar untuk
            memenuhi  suatu  kebutuhan         maka  produk  yang
            ditawarkan  oleh  UT  mencakup  program  studi  beserta
            perangkatnya,  seperti  kurikulum,  bahan  ajar  (cetak  dan
            noncetak),  dan   sistem  penyampaian  serta  seluruh  jasa
            pelayanan  yang  disediakan.  Pada  saat  ini  UT  memiliki  33
            program  stud1  yang  tersebar di  4 fakultas,  yaitu  FKIP,  FISIP,
            FEKON,    dar,   FMIPA   Keseluruhan   produk   tersebut
            merupakan   bahan  dasar  yang    dapat  dikelola  untuk
            mengefektifkan  perencanaan  dan  implementasi  strategi
            produk.  Terkait  dengan  strategi  produk  ini,  para  pakar
            pemasaran  telah  memberikan  banyak  pendapat  tentang
            aspek-aspek  yang  harus  dipertimbangkan.  Salah  satu  di
            antaranya  adalah  bahwa  produk  apapun  yang  akan  kita
            ciptakan  hendaknya  berangkat  dari  perspektif  konsumen.
            Dengan  demikian  setiap  produk  yang  diciptakan  UT  baik
            dalam  t>entuk  penawaran  program-program  studi  baru  yang
            akan  dibuka  maupun  perangkat-perangkat  akademik  dan




        604
   604   605   606   607   608   609   610   611   612   613   614