Page 613 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 613
Daroiat, Mernasarkan Pendidikan Jarak Jauh
brosur (leaflet) serta yang paling efektif adalah penugasan staf
senior dan pejabat mendekati sejumlah departemen milik
pemerintah untuk peningkatan kualitas dan kualifikasi SDM
mereka melalui pendidikan jarak jauh yang ditawarkan UT Upaya
dan strategi promosi tersebut memiliki pengaruh yang sangat
positif dalam membesarkan nama UT selama ini.
C. Penutup
Untuk memperoleh keunggulan bersaing dan memel1ang-
kan persaingan, konsep dan prinsip strategi pemasaran
merupakan alat bantu yang juga dapat diimplementasikan da!am
sebuah lembaga pendidikan Jarak jauh. Dalam beberapa hal, UT
telah bergerak sejalan dengan konsep dan prinsip strategi
pemasaran. lmplikasi strategis bagi lembaga pendidikan seperti
UT dengan mengadopsi konsep dan prinsip-prinsip strategi
pemasaran, memiliki dampak positif dalam praktek industri jasa
pendidikan. Oleh karena itu, hasil kajian ini memungkinkan UT
untuk secara lebih formal merencanakan, mengimplementasikan,
dan merevisi secara berkelanjutan kebijakan strategi
pemasarannya agar leb1h efektif. Adanya penurunan JUmlah
mahas1swa dalam lima tahun terakhir merupakan sinyalemen
bahwa UT harus mengembangkan sebuah strategi pemasaran
yang terencana dan terkelola dengan baik, sehingga menJamin
dan memelihara keunggulan bersaing UT dalam rklim kompetisi
pendidikan jarak jauh
Dari hasil kajian ini juga, tercermin bahwa dalam
membangun strategi pemasarannya, UT dapat mengimplemen-
tasikan konsep dan prinsip strategi pemasaran yang disarankan
oleh para pakar pemasaran. Kegiatan segmentasi dan penentuan
sasaran pemasara11 yang selama ini kurang mendapat perllatian
perlu ditempatkan secara lebih proporsional, karena hal 111i sangat
608