Page 613 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 613

Daroiat,  Mernasarkan Pendidikan  Jarak  Jauh



       brosur  (leaflet)  serta  yang  paling  efektif  adalah  penugasan  staf
       senior  dan  pejabat  mendekati  sejumlah  departemen  milik
       pemerintah  untuk  peningkatan  kualitas  dan  kualifikasi  SDM
       mereka melalui pendidikan jarak jauh yang  ditawarkan UT Upaya
       dan  strategi  promosi  tersebut  memiliki  pengaruh  yang  sangat
       positif dalam membesarkan nama UT selama ini.


       C.  Penutup
              Untuk memperoleh keunggulan  bersaing dan  memel1ang-
       kan  persaingan,  konsep  dan  prinsip  strategi  pemasaran
       merupakan  alat  bantu  yang  juga dapat diimplementasikan  da!am
       sebuah  lembaga  pendidikan Jarak  jauh.  Dalam  beberapa  hal,  UT
       telah  bergerak  sejalan  dengan  konsep  dan  prinsip  strategi
       pemasaran.  lmplikasi  strategis  bagi  lembaga  pendidikan  seperti
       UT  dengan  mengadopsi  konsep  dan  prinsip-prinsip  strategi
       pemasaran,  memiliki  dampak  positif  dalam  praktek  industri  jasa
       pendidikan.  Oleh  karena  itu,  hasil  kajian  ini  memungkinkan  UT
       untuk  secara  lebih  formal  merencanakan,  mengimplementasikan,
       dan   merevisi   secara   berkelanjutan   kebijakan   strategi
       pemasarannya  agar  leb1h  efektif.  Adanya  penurunan  JUmlah
       mahas1swa  dalam  lima  tahun  terakhir  merupakan  sinyalemen
       bahwa  UT  harus  mengembangkan  sebuah  strategi  pemasaran
       yang  terencana  dan  terkelola  dengan  baik,  sehingga  menJamin
       dan  memelihara  keunggulan  bersaing  UT  dalam  rklim  kompetisi
       pendidikan jarak jauh
              Dari  hasil  kajian  ini  juga,  tercermin  bahwa  dalam
       membangun  strategi  pemasarannya,  UT  dapat  mengimplemen-
       tasikan  konsep  dan  prinsip  strategi  pemasaran  yang  disarankan
       oleh  para  pakar pemasaran.  Kegiatan  segmentasi dan  penentuan
       sasaran  pemasara11  yang  selama  ini  kurang  mendapat  perllatian
       perlu  ditempatkan secara lebih proporsional,  karena hal 111i  sangat



       608
   608   609   610   611   612   613   614   615   616   617   618