Page 610 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 610
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
administrasinya harus didasarkan pada kebutuhan
masyarakat (mahasiswa dan pengguna), bukan berdasarkan
idealisme internal (konsep berwawasan produk) yang belum
tentu relevan dengan kebutuhan pasar. Banyaknya instansi
yang menawarkan kerja sama dengan UT untuk membantu
meningkatkan kualifikasi dan kualitas SDM mereka
merupakan peluang dan sekaligus fakta bahwa dalam
berbagai aspek, UT telah merancang dan menawarkan
program-program pendidikannya berdasarkan kebutuhan
pengguna.
b Strategi Harga (Nilai)
Setiap jasa layanan pendidikan yang ditawarkan UT harus
diberi tingkat harga yang sesuai dengan daya jangkau
pasarnya dan pada suatu tingkat yang memungkinkan UT
mendapatkan tingkat baltkan dari investasi yang telah
ditanamkan pada penawaran jasa layanan pendidikan
tersebut. Dari sejumlah produk yang telah ditawarkan UT
sampai dengan saat ini, terentang perangkat-perangkat
pendidikan di UT yang telah dikenakan harga mulai dari
berkas registrasi, proses alih kredit, SPP, jasa tutorial, bahan
ajar, pembuatan LKAM, serta pelaksanaan upacara wisuda.
Terkait dengan biaya pendidikan yang harus ditanamkan oleh
mahasiswa selama menempuh studi di UT, akan sangat baik
jika kebijakan harga tersebut selalu diorientasikan pada
prinsip yang saling menguntungkan. UT harus mampu
memberikan keyakinan dan membentuk persepsi mahasiswa
bahwa biaya yang mereka tanamkan sebanding dengan nilai
yang mereka terima Penyapaan dan sejumlah pelayanan
mahasiswa dengan beragam cara dan media yang
memungkinkan harus dapat kita lakukan untuk mengetahui
keluhan, saran, dan harapan-harapan mereka. Walaupun
605