Page 610 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 610

PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH



               administrasinya   harus   didasarkan   pada   kebutuhan
               masyarakat (mahasiswa  dan  pengguna),  bukan  berdasarkan
               idealisme  internal  (konsep  berwawasan  produk)  yang  belum
               tentu  relevan  dengan  kebutuhan  pasar.  Banyaknya  instansi
               yang  menawarkan  kerja  sama  dengan  UT  untuk  membantu
               meningkatkan   kualifikasi   dan   kualitas   SDM   mereka
               merupakan  peluang  dan  sekaligus  fakta  bahwa  dalam
               berbagai  aspek,  UT  telah  merancang  dan  menawarkan
               program-program  pendidikannya  berdasarkan  kebutuhan
               pengguna.


           b   Strategi Harga (Nilai)
               Setiap  jasa  layanan  pendidikan  yang  ditawarkan  UT  harus
               diberi  tingkat  harga  yang  sesuai  dengan  daya  jangkau
               pasarnya  dan  pada  suatu  tingkat  yang  memungkinkan  UT
               mendapatkan  tingkat  baltkan  dari  investasi  yang  telah
               ditanamkan   pada  penawaran  jasa  layanan  pendidikan
               tersebut.  Dari  sejumlah  produk  yang  telah  ditawarkan  UT
               sampai  dengan  saat  ini,  terentang  perangkat-perangkat
               pendidikan  di  UT  yang  telah  dikenakan  harga  mulai  dari
               berkas registrasi,  proses alih  kredit,  SPP,  jasa tutorial,  bahan
               ajar,  pembuatan  LKAM,  serta  pelaksanaan  upacara  wisuda.
               Terkait dengan biaya  pendidikan  yang  harus ditanamkan oleh
               mahasiswa  selama  menempuh  studi di  UT,  akan  sangat baik
              jika  kebijakan  harga  tersebut  selalu  diorientasikan  pada
               prinsip  yang  saling  menguntungkan.  UT  harus  mampu
               memberikan  keyakinan  dan  membentuk  persepsi  mahasiswa
               bahwa  biaya  yang  mereka  tanamkan  sebanding  dengan  nilai
              yang  mereka  terima  Penyapaan  dan  sejumlah  pelayanan
               mahasiswa  dengan  beragam  cara  dan      media   yang
              memungkinkan  harus  dapat  kita  lakukan  untuk  mengetahui
               keluhan,  saran,  dan  harapan-harapan  mereka.  Walaupun



                                                                   605
   605   606   607   608   609   610   611   612   613   614   615