Page 607 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 607

Darojat,  Memasarkan  Pendidikan  Jarak  Jauh



        dimilikinya,  P&G  mungkin  memanfaatkan  peluang  dalam  bisnis
        tenaga  nuklir,  tetapi  P&G  tidak  mau  melirik  kesempatan  itu,
        karena  manajernya  sangat  paham  bahwa  tidak  semua  peluang
        sesuai dengan  kepentingan  perusahaan.  Dengan  kata lain,  setiap
        organisasi  hanya  akan  berbisnis  secara  menguntungkan  pada
        peluang-peluang  tertentu  yang  memang  sesuai  dengan  visi  yang
        telah dicanangkannya.
                Dalam  melakukan  analisis  peluang  pasar  tersebut,
        sebaiknya UT mempertimbangkan hal-hal berikut.
        a   Keunggulan  bersaing apakah  yang  kita  miliki,  sehingga dapat
            membantu kita dalam memasuki peluang pasar tersebut?
        b  Apakah  kita  memiliki  kemampuan-kemampuan  khusus  untuk
            membawa kita memasuki pasar tersebut?
        c.  Apakah  kita  memiliki  kelemahan-kelemahan  tertentu  yang
            dapat  menghambat  kelancaran  kita  dalam  memasuki  pasar
            tersebut?
        d   Apakah  peluang  pasar  tersebut  cocok  dengan  harapan-
            harapan kita?
        e.  Apakah  peluang  tersebut  sesuai  dengan  rencana  jangka
            panjang UT?

                Di  samping  mempertimbangkan  hal-hal  tersebut,  kita
        sebaiknya  betul-betul  menyadari  bahwa  dalam  menganalisis
        peluang  pasar,  UT  terbatas  pada  misi  khusus  dari  pemerintah
        dimulai sejak awal pendirian UT.


        2.  Menganalisis  Segmen  Pasar  dan  Memilih  Pasar  Sasaran
            yang Tepat untuk lnstitusi Pendidikan Jarak Jauh
               Mahasiswa  UT  dapat  dilihat  dari  umur,  jenis  kelamin,
        kelas  sosial,  latar  belakang  sosial  budaya,  tempat  tinggal,  serta
        pekerjaannya.  Mereka  pasti  berbeda  antara  yang  satu  dengan



        602
   602   603   604   605   606   607   608   609   610   611   612