Page 603 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 603
Darojat, Memasarkan Pendidikan )arak )auh
B. Strategi Pemasaran Pendidikan Jarak Jauh
Seperti telah dikemukakan sebelumnya, setiap langkah
yang dilakukan dalam memformulasikan strategi pemasaran
harus diorientasikan pada upaya untuk mencapai kepuasan
pelanggan. Dalam konteks pemasaran pendidikan jarak jauh pun
kepuasan pelanggan harus dijadikan sebagai kunci utama.
Proses atau langkah yang ditempuh oleh setiap pihak mungkin
bermacam-macam, sesuai dengan kesanggupan dan karakteristik
masing-masing, tetapi tujuan akhirnya tetap, yaitu bermuara pada
upaya untuk tercapainya kepuasan konsumen.
Dalam konteks pendidikan jarak jauh seperti UT, dapat
dipastikan bahwa dalam banyak hal, proses atau langkah strategi
pemasaran yang akan ditempuhnya berbeda dengan perguruan
tinggi konvensional Hal ini dapat dipahami, mengingat bahwa
beberapa karakteristik yang dimiliki UT sangat berbeda
dibandingkan dengan perguruan tinggi konvensional, baik sistem,
sumber daya, maupun jangkauan pasarnya. Seluruh atribut
tersebut merupakan bahan dasar yang dapat digunakan UT untuk
memetakan kekuatan dan kelemahan internal serta peluang dan
ancaman yang dihadapi (SWOT analysis). Peta analisis ini sangat
bermanfaat dalam merancang strategi pemasaran yang akan
diputuskan.
Pertanyaannya sekarang, apakah dalam tatanan UT yang
telah terbentuk selama kurang lebih 19 tahun memungkinkan UT
untuk menempatkan pemasaran sebagai salah satu masalah
kritis? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diperlukan kajian
terhadap sejarah perjalanan dari dulu hingga kini. Namun dari apa
yang tampak sekarang, dapat dilihat bahwa pada saat ini UT
sedang mengarahkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk
memantapkan diri menjadi salah satu unggulan dalam
penyelenggaraan pendidikan jarak jauh di Asia pada tahun 2010,
598