Page 603 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 603

Darojat,  Memasarkan Pendidikan  )arak )auh



         B.  Strategi Pemasaran Pendidikan Jarak Jauh
                Seperti  telah  dikemukakan  sebelumnya,  setiap  langkah
         yang  dilakukan  dalam  memformulasikan  strategi  pemasaran
         harus  diorientasikan  pada  upaya  untuk  mencapai  kepuasan
         pelanggan.  Dalam  konteks  pemasaran  pendidikan jarak jauh  pun
         kepuasan  pelanggan  harus  dijadikan  sebagai  kunci  utama.
         Proses  atau  langkah  yang  ditempuh  oleh  setiap  pihak  mungkin
         bermacam-macam,  sesuai dengan  kesanggupan dan  karakteristik
         masing-masing,  tetapi tujuan akhirnya tetap,  yaitu  bermuara pada
         upaya untuk tercapainya kepuasan konsumen.
                Dalam  konteks  pendidikan  jarak  jauh  seperti  UT,  dapat
         dipastikan  bahwa dalam banyak  hal,  proses  atau  langkah strategi
         pemasaran  yang  akan  ditempuhnya  berbeda  dengan  perguruan
         tinggi  konvensional  Hal  ini  dapat  dipahami,  mengingat  bahwa
         beberapa  karakteristik  yang  dimiliki  UT  sangat  berbeda
         dibandingkan  dengan  perguruan tinggi  konvensional,  baik  sistem,
         sumber  daya,  maupun  jangkauan  pasarnya.  Seluruh  atribut
         tersebut merupakan bahan dasar yang  dapat digunakan UT untuk
         memetakan  kekuatan  dan  kelemahan  internal  serta  peluang  dan
         ancaman  yang  dihadapi (SWOT analysis).  Peta analisis ini  sangat
         bermanfaat  dalam  merancang  strategi  pemasaran  yang  akan
         diputuskan.
                Pertanyaannya sekarang,  apakah dalam tatanan  UT yang
         telah  terbentuk  selama  kurang  lebih  19  tahun  memungkinkan  UT
         untuk  menempatkan  pemasaran  sebagai  salah  satu  masalah
         kritis?  Untuk  menjawab  pertanyaan  tersebut,  diperlukan  kajian
         terhadap sejarah  perjalanan dari dulu hingga kini.  Namun dari apa
         yang  tampak  sekarang,  dapat  dilihat  bahwa  pada  saat  ini  UT
         sedang mengarahkan seluruh sumber daya yang dimilikinya untuk
         memantapkan    diri   menjadi   salah   satu   unggulan   dalam
         penyelenggaraan  pendidikan jarak jauh  di  Asia  pada  tahun  2010,




         598
   598   599   600   601   602   603   604   605   606   607   608