Page 599 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 599

Darojat,  Memasarkan Pendidikan  )arak jauh



               Persaingan   yang   semakin   tajam   tersebut   telah
       menimbulkan  reaksi  dari  sejumlah  perguruan  tinggi   Mereka
       melakukan  berbagai  cara  dan  strategi  baru  dalam  menjual  jasa
       pendidikan.  Salah  satu  cara  yang  paling  menonjol  adalah
       membuka  kelas-kelas  jauh  untuk  memperluas  daya  jangkau.
       Strategi  yang  ditempuh  sejumlah  perguruan  tinggi  tersebut  jelas
       memiliki dampak yang  sangat besar terhadap Universitas Terbuka
       (UT),  yang  selama  ini  merupakan  satu-satunya  perguruan  tinggi
       negeri  di  Indonesia  yang  menerapkan  sistem  pendidikan  jarak
       jauh.  Walaupun  Pemerintah  telah  secara  tegas  menyatakan
       pelarangan  pembukaan  kelas-kelas  jauh  (SE  Dirjen  Dikti  No.
       2630/D/T/2000),  kenyataannya  di  lapangan  tidak  menunjukkan
       surutnya  minat  perguruan  tinggi  tersebut  dalam  memasarkan
       pendidikan  melalui  kelas  jauh.  Dominasi  pendidikan  jarak  jauh
       kini  bukan  lagi  merupakan  monopoli  UT tetapi  sudah  merupakan
       'pasar  persaingan  bebas·  yang  banyak  diminati  oleh  sejumlah
       perguruan  tinggi.  Menurunnya  jumlah  mahasiswa  dari  tahun  ke
       tahun  akhir-akhir ini  (lihat Grafik 1) merupakan salah  satu  indikasi
       bahwa kekuatan monopoli UT semakin melemah.

               Grafik  1:  Jumlah Mahasiswa Aktif Universitas Terbuka
                             Tahun  1998 - 2002



                400000
                                                    0  FMIPA
                300000
                                                    0  FEKON
                200000                              .FISIP
                100000                             :. FKIP
                   0
                      1998  1999  2000  2001   2002

                 Sumber:  Data diolah dari  Unit BAKRENSJ- UT




       594
   594   595   596   597   598   599   600   601   602   603   604