Page 598 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 598

Memasarkan

                 Pendidikan Tinggi ]arak ]auh














                   ektor  pendidike:m  yang  selama  ini  dipandang  &ebagai
                   salah  satu  sektor  nonprofit,  saat  ini  telah  mengalami
            S  pergeseran  ke  arah  sektor  bisnis  industri  jasa.  Sejumlah
            perguruan  tinggi  baik  negeri  maupun  swasta  berupaya
            mencurahkan  perhatian  dan  mengerahkan  seluruh  sumber daya
            yang  dimilikinya,  untuk  memenangkan  persaingan  dalam
            meningkatkan  angka  partisipasi   mahasiswa.   Upaya-upaya
            tersebut  tampak  semakin  nyata,  seiring  dengan  terjadinya
            berbagai  perubahan  dalam  tatanan  kehidupan  sosial,  ekonomi,
            dan  lahirnya  kebijakan-kebijakan  baru  pemerintah  dalam
            pengelolaan  pendidikan.  Berkurangnya  anggaran  pemerintah
            untuk  sektor  pendidikan,  dikeluarkannya  kebijakan  desentralisasi
            pendidikan,  dan  otonomi  perguruan  tinggi  merupakan  contoh-
            contoh  yang  memacu  setiap  perguruan  tinggi  di  Indonesia  untuk
            semakin  berkompetisi  Keadaan  ini  semakin  diperuncing  oleh
            krisis   moneter   yang   diikuti   oleh   krisis   ekonomi   yang
            berkepanjangan.  Krisis  ekonomi  yang  dialami  bangsa  Indonesia
            memiliki  dampak  langsung  terhadap  melemahnya  daya  beli
            masyarakat  untuk  mengikuti  pendidikan  pada  jenjang  yang  lebih
            tinggi.




                                                                   593
   593   594   595   596   597   598   599   600   601   602   603