Page 601 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 601

Darojat,  Mema5Jrkan  Pendidikan  jarak Jauh
                               ~~---------------


                Dalarn  konteks  pernaharnan  dan  pengirnplementasian
         pemasaran  tersebut,  setiap  lembaga  pendidikan  termasuk  UT
         harus selalu  mengantistpasi kecenderungan-kecenderungan  yang
         terjadi  di  lingkungan  pemasaran  dan  memonitor  kebijakan-
         kebijakan  baru  pemerintah  yang  akan  berdampak pada  lembaga.
         Di  satu  sisi  UT  perlu  segera  memperbaharui  kembali  rencana
         strategts  dengan  mempertegas  visi  dan  misinya  dengan
         mempertimbangkan  kekuatan  dan  kelemahan  yang  dimiliki,  serta
         peluang  dan  ancaman  yang  datang  dari  luar.  Di  sisi  lain,  UT juga
         harus  menentukan  strategi  kompetitif  pemasaran  yang  sesuai
         dengan  kebutuhan  lembaga  agar  dapat  terus  hidup  dan
         mengalahkan  kompetisi  yang  sedang  berlangsung  Salah  satu
         pilihan  yang  dapat  mewadahi  strategi  kompetitlf  pemasaran
         tersebut  adalah  mengimplementasikan  konsep  dan  prinsip
         strategi  pemasaran  yang  berorientasi  pada  pelanggan.  Pilihan
         strategi  ini  sejalan  dengan  pemikiran  Kennedy  dan  Kiel  (2000)
         yang  menegaskan  bahwa  setiap  langkah  yang  harus  dilakukan
         dalam  memformulasikan  strategi  pemasaran  harus  diorientasikan
         pada upaya untuk mencapat kepuasan  pelanggan.
                Artikel  ini  akan  membahas  tentang  pemasaran  pada
         mstitusi  pendidikan jarak jauh.  Sejumlah teori  yang  terkait dengan
         konsep  dan  prinsip  strategi  pemasaran  dari  seJumlah  pakar
         pemasaran  akan  dikemukakan.  Di  samping  itu,  pengalaman
         penulis  selama  mengabdikan  diri  di  Universitas  Terbuka  juga
         akan  disajikan  untuk  mempertajam  pembahasan.     Tujuan
         penulisan  artikel  ini  adalah  untuk  mengembangkan  pemahaman
         yang  lebih  baik  tentang  pentingnya  strategi  pemasaran  bagi
         institusi  pendidikan  jarak  jauh,  khususnya  UT  dalam  konteks
         persaingan pendidikan di tanah air.








         596
   596   597   598   599   600   601   602   603   604   605   606