Page 601 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 601
Darojat, Mema5Jrkan Pendidikan jarak Jauh
~~---------------
Dalarn konteks pernaharnan dan pengirnplementasian
pemasaran tersebut, setiap lembaga pendidikan termasuk UT
harus selalu mengantistpasi kecenderungan-kecenderungan yang
terjadi di lingkungan pemasaran dan memonitor kebijakan-
kebijakan baru pemerintah yang akan berdampak pada lembaga.
Di satu sisi UT perlu segera memperbaharui kembali rencana
strategts dengan mempertegas visi dan misinya dengan
mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta
peluang dan ancaman yang datang dari luar. Di sisi lain, UT juga
harus menentukan strategi kompetitif pemasaran yang sesuai
dengan kebutuhan lembaga agar dapat terus hidup dan
mengalahkan kompetisi yang sedang berlangsung Salah satu
pilihan yang dapat mewadahi strategi kompetitlf pemasaran
tersebut adalah mengimplementasikan konsep dan prinsip
strategi pemasaran yang berorientasi pada pelanggan. Pilihan
strategi ini sejalan dengan pemikiran Kennedy dan Kiel (2000)
yang menegaskan bahwa setiap langkah yang harus dilakukan
dalam memformulasikan strategi pemasaran harus diorientasikan
pada upaya untuk mencapat kepuasan pelanggan.
Artikel ini akan membahas tentang pemasaran pada
mstitusi pendidikan jarak jauh. Sejumlah teori yang terkait dengan
konsep dan prinsip strategi pemasaran dari seJumlah pakar
pemasaran akan dikemukakan. Di samping itu, pengalaman
penulis selama mengabdikan diri di Universitas Terbuka juga
akan disajikan untuk mempertajam pembahasan. Tujuan
penulisan artikel ini adalah untuk mengembangkan pemahaman
yang lebih baik tentang pentingnya strategi pemasaran bagi
institusi pendidikan jarak jauh, khususnya UT dalam konteks
persaingan pendidikan di tanah air.
596