Page 605 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 605

Darojat,  Memasarkan  Pendidika:.:..n:...:l:..::a.:..:ra:.:..k:...:J:..::a.:..:uh~--------------






              Menqidentifikasi dJn mengevah.Jasi
              pe!u;I1~J pasar pendid1kan Jarak Jauh

               Mcnganal!sts sngmen pasar dan mem!llh
               pasar sasaran yang tepot untuk mstltusi
                     pend1dikan  l'lrak jauh   !
                -------------      ____ __j
                                                        ',
                                              Campuran produk "-  Mahasiswa
                  Merencanakan dan mcnyembangk<.ln         '\ pcdidikan
                                                Aneka harya
                   strategi bauran pernasaran untuk   Campuran drstnbus1  /  jarak jauh
                     menrapai rlan mPmuaskan.
                                          I   Campur.Jn promosv/
                                             ~--- ----------J ///
                               --·----~~
                                                     v
          Sumber:   Diadaptasi dari  Zikmund dan  D'Amico ( 1989)  Marketing.  3'd
                   ed.  Brisbane: John Wiley & Sons, p.57.
                                   Gambar I
                  Langkah UT  Dalam Membangun Strategi Pemasaran



                 Perlu  ditegaskan  di  sini  bahwa  daiam  langkah  kedua,  di
          samping  menganalisis segmen  pasar dan  memilih sasaran  pasar,
          adalah  sangat  penting  bagi  UT  untuk  menentukan  strategi
          penempatan  pasar.  Dalam  langkah  kedua  tersebut,  pihak  UT
          harus  menentukan  posisi  produk  jasa  pendidikan  yang  akan
          dihasilkannya  di  pasaran.  Hal  ini  sangat  pentmg,  karena  terkait
          dengan   bagaimana   produk   jasa   pendidikan   UT   akan
         dipersepsikan  dan  diposisikan  oleh  berbagai  pihak,  termasuk
          mahasiswa.












         600
   600   601   602   603   604   605   606   607   608   609   610