Page 605 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 605
Darojat, Memasarkan Pendidika:.:..n:...:l:..::a.:..:ra:.:..k:...:J:..::a.:..:uh~--------------
Menqidentifikasi dJn mengevah.Jasi
pe!u;I1~J pasar pendid1kan Jarak Jauh
Mcnganal!sts sngmen pasar dan mem!llh
pasar sasaran yang tepot untuk mstltusi
pend1dikan l'lrak jauh !
------------- ____ __j
',
Campuran produk "- Mahasiswa
Merencanakan dan mcnyembangk<.ln '\ pcdidikan
Aneka harya
strategi bauran pernasaran untuk Campuran drstnbus1 / jarak jauh
menrapai rlan mPmuaskan.
I Campur.Jn promosv/
~--- ----------J ///
--·----~~
v
Sumber: Diadaptasi dari Zikmund dan D'Amico ( 1989) Marketing. 3'd
ed. Brisbane: John Wiley & Sons, p.57.
Gambar I
Langkah UT Dalam Membangun Strategi Pemasaran
Perlu ditegaskan di sini bahwa daiam langkah kedua, di
samping menganalisis segmen pasar dan memilih sasaran pasar,
adalah sangat penting bagi UT untuk menentukan strategi
penempatan pasar. Dalam langkah kedua tersebut, pihak UT
harus menentukan posisi produk jasa pendidikan yang akan
dihasilkannya di pasaran. Hal ini sangat pentmg, karena terkait
dengan bagaimana produk jasa pendidikan UT akan
dipersepsikan dan diposisikan oleh berbagai pihak, termasuk
mahasiswa.
600