Page 600 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 600

PENDIDIKAN TINGGI JARAK ]AUH



                  Kondisi   persaingan   di   antara   lembaga-lembaga
           pendidikan  yang  semakin  tajam  telah  mendesak  setiap  lembaga
           pendidikan  untuk mengadopsi  dan  mengimplementasikan  konsep
           dan  prinsip  strategi  pemasaran   Kegiatan  pemasaran  telah
           ditempatkan  sebagai  salah  satu  masalah  kritis.  Kebutuhan  untuk
           memahami  dan  mengaplikasikan  konsep  dan  prinsip  strategi
           pemasaran  bukan  lagi  menjadi  dominasi  institusi-institusi  yang
           berorientasi  untung  tetapi  juga  telah  menjadi  kebutuhan  pokok
           bagi  institusi  berorientasi  tanpa  untung.  Aspek  pemasaran  harus
           ditempatkan  secara  lebih  proporsional  oleh  masing-masing
           lembaga  pendidikan  termasuk  UT.  Hal  ini  sejalan  dengan
           pemikiran  salah  seorang  pakar pemasaran,  McCarthy dkk.  (1998,
           hal97),  yang menegaskan bahwa
                  ... , greater competition in  a previously stable environment
                  has  heightened  the  awareness  and  understanding  of
                  marketing  and  increased  the  willingness  to  apply
                  marketing principles.  Since  the  1970s increasing numbers
                  of government and non-profit organisations have become
                  aware  that  marketing  may  contribute  to  their  long-term
                  survival  and  effectiveness  in  achieving  their  objectives.
                  Today,  marketing  is  widely  recognised  as  applicable  to
                  many  types  of government  and  non-profit organisations,
                  including  charities,  educational  institutions,  government
                  departments,  .. . and religious groups.


                  Pendapat  yang  hampir  sama,  terutama  dalam  konteks
           pemasaran jasa  pendidikan,  juga  disampaikan  oleh  Wheelen  dan
           Hunger (1978,  p 1).  Mereka menegaskan bahwa  'Interpreting and
           promoting  a  college's  program  - in  other words,  "marketing"  the
           program  - is  as  important  as  the  content  and  structure  of the
           program in  winning students to  an  institution  and in  keeping them
           there.'







                                                                   595
   595   596   597   598   599   600   601   602   603   604   605