Page 594 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 594
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
3. Faktor sosial, yang melihat bahwa keberadaan seseorang
tidak b1sa lepas sama sekali dari kelompoknya. Artinya
apabila banyak orang di sekitarnya menerima atau
memberikan citra yang baik mengenai PT JJ, maka ia akan
lebih mudah untuk menerimanya. Demikian pula sebaliknya,
apabila ia menerima dan kelompoknya menolak, orang
cenderung bersikap diam, membiarkan kontras pendapat
terus berlangsung. Di masyarakat kita PT JJ masih belum
dimengerti dengan baik, atau masyarakat kita belum
mendapatkan informasi yang tepat mengenai PT JJ. Unsur
lain yang ada dalam faktor sosial adalah budaya, yang dapat
mempengaruhi interpretasi seseorang dalam menerima pola
belajar mandiri Kebiasaan untuk diberi, dibimbing dan dibina
dalam proses pembelajaran, membuat masyarakat kita
belum terbiasa untuk belajar secara mandiri.
Dari model PISS (perhatian, interpretasi, belajar, sikap)
pada gambar 2, yang tampaknya sangat sederhana itu, bila
diterapkan pada PT JJ di Indonesia maka permasalahannya
terletak pada langkah ke dua, yaitu interpretasi karena
interpretasi seseorang sudah terbentuk sejak ia dapat melihat dan
merasakan apa yang terjadi di sekitar lingkungannya Hal ini yang
menyulitkan kita untuk membuat interpretasi seseorang sama
dengan yang kita inginkan atau yang kita interpretasikan ..
H. Apa yang Harus Dilakukan ?
Di bagian awal tulisan ini, disebutkan bahwa sebaiknya
kita membentuk citra yang sifatnya korporasi sehingga nantinya
apapun produk yang dikeluarkan oleh PT JJ, dalam hal ini UT,
selalu diakui keberadaannya atau diterima masyarakat.
Pembentukan citra tidak mungkin dilakukan dalam sekejap namun
589