Page 592 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 592

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH


          yang  mengkaji  UT sebagai  bahan  perbandingan.  Keberadaan  UT
           memang  tidak  sama  dengan  kelas  jauh.  Polemik  kelas  jauh  ini
          akhirnya  menggulirkan  Undang-Undang  pendidikan  Nasional
          yang  mengijinkan  PT  membuka  sistem  belajar jarak jauh  (SBJJ).
           UT  yang  sebelumnya  adalah  universitas  nasional  satu-satunya
          yang  menerapkan  program  jarak  jauh  ,  kini  harus  bangkit
           menghadapi  perguruan  tinggi  ternama  yang  membuka  program
           kelas jauh
                  UT  sudah  bertindak  untuk  mengantisipasi  dampak
          globalisasi,  sebelum  Keputusan  Menteri  tersebut  diterbitkan.
           Langkah  awal  yang  dilakukan  adalah  membuat  tiga  (3)  pilar
           kebijaksanaan  dalam  mengembangkan  UT.  Pilar  pertama  adalah
           peningkatan  kualitas  akademik;  pilar  kedua  adalah  manajemen
           internal;   dan   pilar  ketiga  adalah  peningkatan  partisipasi
           mahasiswa.  Dengan  adanya  tiga  pilar  tersebut,  UT  menyadari
           bahwa  mempertahankan keberadaannya perlu  penanganan yang
           baik,  secara  internal  maupun  eksternaL  Pembentukan  imaji  tidak
           hanya dengan  informasi tetapi  harus disertai dengan  produk yang
           berkualitas.  Pilar  pertama  dan  kedua  sifatnya  lebih  ke  dalam
           (internal),  pembenahan diri  melalui  produk-produk yang  dihasilkan
          serta sistem  manajemennya.  Hal  ini  dilakukan  untuk mewujudkan
          tersedianya  produk  berkualitas,  baik  yang  kasat  mata  maupun
           yang  tidak  kasat  mata.  Untuk  mencapai  visinya,  UT  harus  dapat
           mewujudkan  produk  yang  berkualitas  agar  dapat  mencapai
           unggulan  di  Asia  pad a tahun  2010  Pembentukan  citra diri  selalu
           berawal  dari  dalam  diri  UT,   yang  diikuti  dengan  peningkatan
           kegiatan  kehumasan  dan  pemasaran  sebagai  penopang  pilar
           ketiga,  yang  lebih  menitikberatkan  pada  peningkatan  partisipasi
           mahasiswa dan pembentukan citra UT.
                  Permasalahan    utama   dalam    pembentukan    atau
           peningkatan  citra   PT JJ  ini  lebih  terletak  pad a  persepsi
           masyarakat  terhadap  PT  JJ  Seperti terlihat pad a gambar 1,  yang



                                                                   587
   587   588   589   590   591   592   593   594   595   596   597