Page 592 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 592
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
yang mengkaji UT sebagai bahan perbandingan. Keberadaan UT
memang tidak sama dengan kelas jauh. Polemik kelas jauh ini
akhirnya menggulirkan Undang-Undang pendidikan Nasional
yang mengijinkan PT membuka sistem belajar jarak jauh (SBJJ).
UT yang sebelumnya adalah universitas nasional satu-satunya
yang menerapkan program jarak jauh , kini harus bangkit
menghadapi perguruan tinggi ternama yang membuka program
kelas jauh
UT sudah bertindak untuk mengantisipasi dampak
globalisasi, sebelum Keputusan Menteri tersebut diterbitkan.
Langkah awal yang dilakukan adalah membuat tiga (3) pilar
kebijaksanaan dalam mengembangkan UT. Pilar pertama adalah
peningkatan kualitas akademik; pilar kedua adalah manajemen
internal; dan pilar ketiga adalah peningkatan partisipasi
mahasiswa. Dengan adanya tiga pilar tersebut, UT menyadari
bahwa mempertahankan keberadaannya perlu penanganan yang
baik, secara internal maupun eksternaL Pembentukan imaji tidak
hanya dengan informasi tetapi harus disertai dengan produk yang
berkualitas. Pilar pertama dan kedua sifatnya lebih ke dalam
(internal), pembenahan diri melalui produk-produk yang dihasilkan
serta sistem manajemennya. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan
tersedianya produk berkualitas, baik yang kasat mata maupun
yang tidak kasat mata. Untuk mencapai visinya, UT harus dapat
mewujudkan produk yang berkualitas agar dapat mencapai
unggulan di Asia pad a tahun 2010 Pembentukan citra diri selalu
berawal dari dalam diri UT, yang diikuti dengan peningkatan
kegiatan kehumasan dan pemasaran sebagai penopang pilar
ketiga, yang lebih menitikberatkan pada peningkatan partisipasi
mahasiswa dan pembentukan citra UT.
Permasalahan utama dalam pembentukan atau
peningkatan citra PT JJ ini lebih terletak pad a persepsi
masyarakat terhadap PT JJ Seperti terlihat pad a gambar 1, yang
587