Page 587 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 587

Sediyaningsih,  Pembentukan Citra dalam  ....



       pemerintah  berdasarkan  SK  No.41  Tahun  1984,  yaitu  Universitas
       Terbuka  Keberadaan  UT  yang  usianya  sudah  hampir  mencapai
       20  tahun  memang  relatif  muda  dibandingkan  dengan  PTTM
       lainnya.  Terlebih  dengan  sistem  pendidikan  yang  berbeda  dan
       mempunyai     tujuan  utama  pemerataan  kesempatan  belajar,
       membuat  keberadaan  UT  kurang  dikenal  oleh  masyarakat
       khususnya  mereka  yang  baru  lulus  SLTA  Secara  umum
       keberadaan    UT   masih   dipandang    sebagai   universitas
       "penampung"  bagi  mereka  yang  tidak  bisa  diterima  di  manapun
       juga,  sehingga  citra  yang  melekat  kurang  menguntungkan  bagi
       UT.  Adalah tantangan  besar bagi  kita khususnya warga UT,  untuk
       menggeser citra  negatif tersebut  menJadi  suatu  citra  positif  yang
       lebih  baik,  yaitu  memberikan  informasi  yang  sesuai  agar  semua
       orang mengerti UT dengan benar.
              Meskipun  Universitas  Terbuka  telah  berjalan  selama  19
       tahun,  masyarakat  awam  tampaknya  tetap  belum  mengenal
       sistem  belajar  jarak  jauh  dengan  benar.  Pertanyaan-pertanyaan
       asal  bunyi,  seperti  "Apakah  UT  punya  kelas?"  atau  "Apakah  UT
       belaJarnya di  bawah pohon?",  masih sering terdengar.  Pertanyaan
       dari  masyarakat  awam  tentang  bagaimana  proses  belajar-
       mengaJar  pun  masih  diajukan.  Hal  tersebut  menunjukkan  bahwa
       sistem  belajar  jarak  jauh  belum  menjadi  konsep  yang  dipahami
       oleh  masyarakat,  mengingat  sistem  belajar-mengajar  yang
       diterapkan  di  sekolah  umumnya  melalui  sistem  tatap  muka.
       Diperlukan  waktu  yang  cukup  lama  untuk  mensosialisasikan
       sistem belajar ini.  Hal ini tentu  saja merupakan tantangan bagi  UT
       untuk membudayakan belajar mandiri yang  belum tertanam dalam
       masyarakat.  Kebiasaan  belajar  di  kelas  dengan  bimbingan  guru
       atau  dosen  bisa  membuat masyarakat kita  tidak siap  untuk dapat
       belajar  secara  mandiri.  Kenyataan  ini  tentu  saja  dapat  menjadi
       suatu  hambatan  bagi  UT  untuk  menyebarkan  ilmu  pengetahuan





       582
   582   583   584   585   586   587   588   589   590   591   592