Page 588 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 588

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



           melalui  sistem  belajar  jarak  jauh  kepada  masyarakat  karena
           masyarakat belum tertarik untuk mengetahui apa PT  JJ  itu.


           F.  Pendekatan Pemasaran

                  Pembahasan  secara  teoretis  tentang  bentuk  pemasaran
           seperti  apa  yang  dapat diterapkan  pada  PT JJ  dalam  membentuk
           atau  meningkatkan  citranya  di  masyarakat  secara  luas  dapat
           dilakukan  melalui  dua  strategi.  Yang  pertama  adalah  strategi
           mendorong,  yaitu  mengajak  serta  seluruh  pihak  yang  secara
           langsung  terkait  pada  pembentukan  citra  ini,  biasanya   pihak
           internal  yang  ada  dalam  PT JJ,  baik  di  pusat  maupun  di  daerah-
           daerah  yang  lebih  mengacu  pada  penjualan  secara  individu  dan
           promosi.  Yang  kedua  adalah  strategi  menarik  yang  mengajak
           pelanggan,  calon  pelanggan  dan  mitra  kerja  yang  lebih  mengacu
           pada  pemasangan  iklan  secara  massal.  Dua  strategi  ini  ada
           dalam  setiap  perencanaan  pembentukan  citra,  yang  secara
           keseluruhan  masuk ke dalam perencanaan strategis  Unsur-unsur
           perencanaan strategis adalah sebagai berikut
           1.  Analisa  situasi,  dengan  melihat  kondisi  lingkungan  program
               pemasaran  akan  dijalankan.  Keg1atan  ini  meliputi  analisa  UT
               secara  keseluruhan.  Melalui  suatu  analisis  diharapkan
               mengetahui apa  saja  kelebihan,  kelemahan,  kesempatan  dan
               tantangan  yang  ada  di  sekitar  UT.  Analisa  semacam  ini
               biasanya  sudah  dilakukan  oleh  semua  pihak  khususnya  UT,
               setelah  kita  mengetahui  dengan  baik  yang  dimiliki  dan  yang
               tidak  dimiliki.  Selanjutnya  kita  melihat  kelebihan  dan
               kelemahan  universitas lain  yang  menerapkan sistem PT  JJ  ini,
               karena di  Indonesia hanya  UT yang  menerapkan PT JJ  model
               tunggal  Yang  dijadikan  pembanding  UT  adalah  PT JJ  lain  di
               tingkat  Asia  dan  tidak   membandingkan  dengan  PTTM
               karena  mereka  menggunakan  sistem  pembelajaran  yang




                                                                   583
   583   584   585   586   587   588   589   590   591   592   593