Page 593 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 593

Sediyaningsih,  Pembenrukan  Citra dalam  ....



       menjadi  kunci  suatu  informasi  adalah  interpretasi  terhadap  suatu
       pesan  dari  masyarakat  yang  menerimanya.  lnterpretasi  pesan
       terjadi  karena   dipengaruhi  oleh  faktor  pribadi,  ps1kologis  dan
       sosial.  (gambar 3)
       1.  Faktor  pribadi,  yang  digambarkan  pada  gambar  3  meliputi
           demografi,  situasional  dan  keterlibatan.  Demografi  berarti
           1nterpretasi  seseorang  dipengaruhi  oleh  usia,  jenis  kelamin,
           pendidikan  dan  sebagainya,  sedangkan  situasional  berarti
           1nterpretasi  sesesorang  dipengaruhi   keadaan  lingkungan
           seseorang.   Keterlibatan   berarti   interpretasi   seseorang
           dipengaruhi  oleh  kebiasaan  untuk  berkumpul  dan  terlibat
           dengan  orang  lain  dalam  proses  pembelajaran   Jika
           kebiasaan  berkumpul  terlalu  kuat,  seseorang  tidak  terbiasa
           untuk  belajar  sendiri  atau  menyelesaikan  tugas-tugas  secara
           mandiri.  Bila  orang  ini   mengikuti  PT JJ,  ia  merasa  tidak
           memiliki ternan,  atau  merasa tidak akan berhasil tanpa terlibat
          dalam suatu ke:ompok mahasiswa.

       2.  Faktor  psikologis,  yang  melihat  pada  persepsi,  kemampuan
          dan  pengetahuan  serta  sikap.  Faktor  pribadi  ini,  akan
           membentuk persepsi seseorang  Kalau  selama  ini  dia  berada
           pada  lingkungan  yang  mayoritas  masyarakatnya  masih
           menganggap  bahwa  sekolah  yang  baik  adalah  secara  tatap
          muka, maka tanpa disadari hal ini  membentuk persepsi orang
          tersebut mengenai PT  JJ  Kemampuan dan pengetahuan yang
          erat  kaitannya  dengan  kebiasaan  seseorang  untuk  dituntun
          atau  bertatap  muka  dalam  proses  pembelajarannya  akan
          mewujudkan  sikap  yang  menolak  atau  mengabaikan,  apabila
          ada  informasi  mengenai  PT  JJ.  Alhasil  ia  tidak  tertarik  atau
          berminat untuk mengetahui lebih jauh tentang PT  JJ.






       588
   588   589   590   591   592   593   594   595   596   597   598