Page 589 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 589

Sediyaningsih,  Pembentukan Citra dalam  ....



           berbeda,  sehingga  produk,  sarana  dan  prasarana  yang
           diperlukan juga berbeda.
           Dengan  dibukanya  kesempatan  PT  lain  untuk  membuka
           PT  JJ,  UT dapat  lebih  termotivasi  dan  menyadari  bahwa  UT
           bukan  satu-satunya  PT JJ  yang  ada  di  Indonesia  Terlebih
           dengan  diberlakukannya  otonomi  PT,   mau  tidak  mau  UT
           terpacu  untuk  bergerak  lebih  aktif sejalan  dengan  Keputusan
           Menteri  Pendidikan  Nasional  Rl  Nomor  10"1/U/2001  tentang
           penyelenggaraan program pendidikan tinggi jarak jauh.
           Mahasiswa  sebagai  pelanggan  utama  merupakan  aset
           terbesar  yang  dimiliki  UT,  mereka  adalah  syarat  pokok  bagi
           kelangsungan  organisasi  ini.   Karena  itu,  karakteristik  dari
           mahasiswa  sebaiknya  diketahui  dengan  baik  agar  UT  dapat
           memberikan  pelayanan  administratif  maupun  akademik
           dengan  balk.  Di  samping  itu  mengingat  UT  memiliki  banyak
           hubungan  kem1traan  dengan  berbagai  instansi,  maka
           pengetahuan  mengenai  mitra  kerja  harus  ditingkatkan  Mitra
           kerJa  hendaknya  membantu  kelancaran  operasional  UT  agar
           kenaikan  angka  partisipasi  dari  tahun  ke  tahun  semakin
           meningkat.  Diperlukan pengetahuan dan  pemahaman tentang
           masyarakat  sebagai sasaran  UT yang  tepat.  UT harus dapat
           memilih  dan  menentukan  pasar  tertentu  dan  tidak  dapat
           membidik  pasar  yang  terlalu  luas.  Dalam  hal  ini,  kejelian
           dalam melihat kecenderungan pasar sangat dibutuhkan.
           Perubahan  teknologi  telah  membawa  kita   pada  era  yang
           menuntut  perubahan  dalam  cara  berpikir  dan  berperilaku
           berbeda.  Oleh  karenanya,  produk-produk  yang  dihasilkan
           oleh  UT  perlu  dianalisa  kembali  agar  sesuai  dengan
           kebutuhan dan kemajuan  pasar,  baik produk yang  kasat mata
           berupa  bahan  pembelajaran  dan  bahan  bantuan  ajarnya,
           maupun  yang  sifatnya  produk  yang  tidak  kasat  mata  yaitu
           pelayanan.



       584
   584   585   586   587   588   589   590   591   592   593   594