Page 563 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 563

PENDIDIKAN TINGGJ  JARAK JAUH



         proses  belajar  PJJ  adalah  kemampuannya  sebagai  media
         komunikasi  interaktif  secara  virtual  antara  tutor-mahasiswa  dan
         antar  mahasiswa.  Perkembangan  terakhir  di  negara  maju
         menunjukkan  bahwa  komunikasi  interaktif seperti  ini  tak  ubahnya
         seperti  komunikasi  yang  terjadi  di  ruang  kelas  dalam  kuliah  tatap
         muka.  Diskusi  lisan dan  tertulis secara bersamaan antar pengajar
         dan  peserta  didik  yang  berada  di  benua  yang  berbeda
         dimungkinkan karena adanya TIK dalam arti internet


         B.  TIK dan lnstitusi PJJ dalam praktek: Universitas
            Terbuka

                Topik bahasan  TIK dan  PJJ  pada  hakikatnya sangat luas
         dan pemanfaatan aplikasi dalam PJJ  seperti uraian di  atas adalah
         ibarat sepotong teka-teki dari  sebuah  gambar yang  utuh.  Di  atas
         kertas,  suatu  cetak  biru  pemanfaatan  TIK  dalam  suatu  instistusi
         pendidikan harus mempertimbangkan faktor eksternal dan internal
         serta sederet asumsi teknis dan  nonteknis.  Dalam era intenet dan
         perkembangan  TIK  yang  sangat  cepat  seperti  saat  ini,  wacana
         infrastruktur komunikasi,  hardware,  software,  SDM,  budaya  kerja
         TIK  dan  sebagainya  sebaiknya  menjadi  suatu  masalah  bersama
         yang  bisa  dikaji oleh  antar institusi  PJJ.  Perbedaan  pengalaman
         pemanfaatan  TIK  suatu  institusi  PJJ  yang  satu  dengan  yang  lain
         menarik  untuk  dipelajari  karena  peluang  untuk  memperoleh
         gambaran  yang  lebih  utuh  akan  terbuka.  Tulisan  berikut  adalah
         ilustrasi  pemanfaatan  TIK  di  institusi  penyelengaara  PJJ  di
         Indonesia yang  dikenal dengan Universitas Terbuka (UT)
                Sepintas TIK di UT.  Kebutuhan dasar akan  TIK  sebagai
         alat dalam  sistem  pendidikan jarak jauh  seperti  UT tampak  nyata
         sekali  ketika  UT  dihadapkan  pada  proses  pengolahan  data
         mahasiswa  secara  massal.  Dalam  proses  pendirian  UT,  unit
         khusus  pengolahan  data  telah  didesain  dan  difungsikan  sebagai



                                                                 559
   558   559   560   561   562   563   564   565   566   567   568