Page 563 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 563
PENDIDIKAN TINGGJ JARAK JAUH
proses belajar PJJ adalah kemampuannya sebagai media
komunikasi interaktif secara virtual antara tutor-mahasiswa dan
antar mahasiswa. Perkembangan terakhir di negara maju
menunjukkan bahwa komunikasi interaktif seperti ini tak ubahnya
seperti komunikasi yang terjadi di ruang kelas dalam kuliah tatap
muka. Diskusi lisan dan tertulis secara bersamaan antar pengajar
dan peserta didik yang berada di benua yang berbeda
dimungkinkan karena adanya TIK dalam arti internet
B. TIK dan lnstitusi PJJ dalam praktek: Universitas
Terbuka
Topik bahasan TIK dan PJJ pada hakikatnya sangat luas
dan pemanfaatan aplikasi dalam PJJ seperti uraian di atas adalah
ibarat sepotong teka-teki dari sebuah gambar yang utuh. Di atas
kertas, suatu cetak biru pemanfaatan TIK dalam suatu instistusi
pendidikan harus mempertimbangkan faktor eksternal dan internal
serta sederet asumsi teknis dan nonteknis. Dalam era intenet dan
perkembangan TIK yang sangat cepat seperti saat ini, wacana
infrastruktur komunikasi, hardware, software, SDM, budaya kerja
TIK dan sebagainya sebaiknya menjadi suatu masalah bersama
yang bisa dikaji oleh antar institusi PJJ. Perbedaan pengalaman
pemanfaatan TIK suatu institusi PJJ yang satu dengan yang lain
menarik untuk dipelajari karena peluang untuk memperoleh
gambaran yang lebih utuh akan terbuka. Tulisan berikut adalah
ilustrasi pemanfaatan TIK di institusi penyelengaara PJJ di
Indonesia yang dikenal dengan Universitas Terbuka (UT)
Sepintas TIK di UT. Kebutuhan dasar akan TIK sebagai
alat dalam sistem pendidikan jarak jauh seperti UT tampak nyata
sekali ketika UT dihadapkan pada proses pengolahan data
mahasiswa secara massal. Dalam proses pendirian UT, unit
khusus pengolahan data telah didesain dan difungsikan sebagai
559