Page 562 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 562
Anggoro, Teknologi lnforrnasi dan Komunikasi ....
terjadinya kontribusi keahlian mengajar secara lebih luas
dibandingkan dengan apa yang dapat dilakukan oleh guru dan
sekolah manapun.
Peran TIK dalam kegiatan belajar PJJ yang menonjol
pada awalnya sebagai tool untuk mengemas dan menyajikan
media/bahan belajar yang dikenal dengan moduL Suatu aplikasi
penerbitan di atas meja (desktop-publishing) akan menghasilkan
suatu modul yang bagus di tangan seorang desainer
instruksional yang baik. Jika TIK tidak hanya diartikan sebagai
komputer dan aplikasinya tapi diperluas dengan radio, televisi,
telepon dan internet, maka makna peran TIK dalam PJJ juga
meluas. TIK tidak hanya dapat dipandang sebagai alat untuk
mengemas bahan ajar tetapi juga alat untuk menyampaikan
bahan ajar atau dengan kata lain sebagai media yang
menjembatani proses pembelajaran. Hal ini dapat dicerminkan
dalam bentuk-bentuk pembelajaran melalui tutorial radio, televisi,
telepon, internet, dan sebagainya.
Khusus mengenai TIK dalam arti teknologi internet,
perannya dalam berbagai bidang, termasuk dalam PJJ, sangat
luar biasa. Internet praktis mampu mengatasi berbagai kendala
atau memperkaya proses belajar peserta didik PJJ yang termuat
dalam enam karakteristk PJJ yang dikemukakan oleh Keegan
( 1980). Keen am karakater tersebut adalah ( 1) adanya
keterpisahan antara guru dan siswa selama proses belajar, (2)
adanya pengaruh dari institusi penyelenggara sehingga
membedakannya dengan belajar sendiri di rumah, (3) adanya
pemanfaatan media yang beragam baik elektronik maupun non
elektronik, (4) tersedianya fasilitas komunikasi dua arah, (5)
adanya pertemuan yang tidak terlalu sering, baik untuk
kepentingan belajar kelompok maupun sosialisasi, dan (6) adanya
proses pengelolaan yang mirip dengan manajemen di dunia
industri Signifikansi peran internet yang cukup ekstrim dalam
558