Page 559 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 559
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
dokumen tersebut. Suatu institusi pendidikan tertentu dapat
memulai memanfaatkan pendekatan TIK mulai dari (1) Unit
Pelayanan Data dan Otomatisasi Perkantoran, (2) Sistem
lnformasi (Perpustakaan, Kemahasiswaan, Keuangan, dan SDM),
(3) Komunikasi Data dan lnfrastruktur (Koneksi Inter dan Intra
Kampus), sampai ke (5) Kebijakan Manajemen TIK (lmplementasi
dan Keamanan Jaringan).
Bagi institusi penyelenggara PJJ, wacana dan praktek
pemanfaatan TIK bukan hal baru karena pola pengeloaan PJJ
yang bersifat bisnis semacam industri seperti yang diungkapkan
oleh Keegan (1980). Aktivitas utama dalam PJJ seperti
pengelolaan data registasi, pengembangan dan bahan ajar,
pemberian bantuan belajar atau tuorial, pengelolaan data
pengujian, dan sebagainya tidak terlepas dari TIK dengan tingkat
kedalaman peran dan kecanggihan yang beragam di antara
institusi PJJ Pemanfaatan komputer dengan berbagai macam
program/aplikasi "generik" (misal administrasi umum, persuratan,
keuangan, dan kepegawaian) yang biasa digunakan di dunia
bisnis atau komersial juga telah digunakan oleh instititusi PJJ,
bahkan sebelum istilah TIK itu sendiri muncul pada dekade
sembilan puluhan. Meskipun saat ini sangat banyak aplikasi yang
dikembangkan dan dimanfaatkan oleh institusi PJJ, aplikasi-
aplikasi tersebut tampaknya terbagi ke dalam dua kelompok
besar, yakni aplikasi untuk kepentingan administrasi atau
manajemen dan aplikasi untuk kepentingan akdemis atau
pembelajaran Berikut ini akan dibahas pemanfaatan beberapa
aplikasi T.IK untuk melayani dua kepentingan tersebut.
555