Page 559 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 559

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



           dokumen  tersebut.  Suatu  institusi   pendidikan  tertentu  dapat
           memulai  memanfaatkan  pendekatan  TIK  mulai  dari  (1)  Unit
           Pelayanan  Data  dan  Otomatisasi  Perkantoran,  (2)  Sistem
           lnformasi (Perpustakaan,  Kemahasiswaan,  Keuangan,  dan  SDM),
           (3)  Komunikasi  Data  dan  lnfrastruktur  (Koneksi  Inter  dan  Intra
           Kampus),  sampai ke  (5)  Kebijakan Manajemen TIK (lmplementasi
           dan Keamanan Jaringan).
                  Bagi  institusi  penyelenggara  PJJ,  wacana  dan  praktek
           pemanfaatan  TIK  bukan  hal  baru  karena  pola  pengeloaan  PJJ
           yang  bersifat bisnis  semacam  industri  seperti  yang  diungkapkan
           oleh  Keegan  (1980).   Aktivitas  utama  dalam  PJJ  seperti
           pengelolaan  data  registasi,  pengembangan  dan  bahan  ajar,
           pemberian  bantuan  belajar  atau  tuorial,  pengelolaan  data
           pengujian,  dan  sebagainya tidak terlepas dari TIK dengan tingkat
           kedalaman  peran  dan   kecanggihan  yang  beragam  di  antara
           institusi  PJJ  Pemanfaatan  komputer  dengan  berbagai  macam
           program/aplikasi "generik"  (misal  administrasi  umum,  persuratan,
           keuangan,  dan  kepegawaian)  yang   biasa  digunakan  di  dunia
           bisnis  atau  komersial  juga  telah  digunakan  oleh  instititusi  PJJ,
           bahkan  sebelum  istilah  TIK  itu  sendiri  muncul  pada  dekade
           sembilan puluhan.  Meskipun saat ini  sangat banyak aplikasi yang
           dikembangkan  dan  dimanfaatkan  oleh  institusi  PJJ,  aplikasi-
           aplikasi  tersebut  tampaknya  terbagi  ke  dalam  dua  kelompok
           besar,  yakni  aplikasi  untuk  kepentingan  administrasi  atau
           manajemen  dan  aplikasi  untuk  kepentingan  akdemis  atau
           pembelajaran   Berikut  ini  akan  dibahas  pemanfaatan  beberapa
           aplikasi  T.IK untuk melayani dua kepentingan tersebut.











                                                                   555
   554   555   556   557   558   559   560   561   562   563   564