Page 561 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 561

PENDIDIKAN TINGGI JARAK ]AUH



         48.000.000  (48  juta)  soal.  Peran  TIK  sangat  signifikan  untuk
         mempercepat  proses  penilaian  hasil  ujian  sehingga  hasilnya
         segera di terima oleh  mahasiswa.  Di  sisi  lain,  peran TIK di bidang
         pengujian  adalah  dalam  hal  manajemen  pengembangan  dan
         penyimpanan  soal  melalui  sistem  Bank  Soal  Sistem  ini
         memungkinkan  insititusi  pendidikan  untuk menyed1akan  soal-soal
         yang  berkualitas  dan  terjamin  kerahasiaan  atau  keamanannya.
         Perbaikan berkelanjutan melalui sistem ini dapat dilakukan karena
         validitas  dan  reabilitas  setiap  soal  yang  diujikan  dapat  dianalisis
         sehingga  soal  tersebut  dapat dikalibrasi  ulang  sampai  mencapai
         standar  kualitas  yang  diinginkan  Kerahasiaan  dapat  sangat
         terjamin  karena  otorisasi  perubahan  isi  soal  hanya  diberikan  ke
         pengembang  soal  tetentu  yang  diberi  kewenangan  untuk
         melakukan hal tersebut.



         2.  Aspek TIK dalam  Kegiatan Belajar  PJJ
                Dalam  konsep  PJJ,  salah  satu  karakter  yang  menonjo!
         yang  diharapkan  dimiliki  oleh   peserta  didik  PJJ  adalah  sifat
         mandiri, terutama dalam proses belajar.  Terpisahnya peserta didik
         dan  pengaJar  secara  geografis  membuat  mereka  suka  atau  tidak
         suka  harus  mengandalkan  bahan  ajar  yang  ada  di  tangannya.
         Meskipun hampir semua insititusi penyelenggara PJJ  memberikan
         layanan  tutorial  tatap  muka,  para  mahasiswa  tidak  selalu  dapat
         memanfaatkan  secara  optimal  karena  terbatasnya  waktu  atau
         karena kendala teknis yang  lain,  seperti  lokasi tutorial yang terlalu
         jauh  dari  tempat tinggalnya.  Hal  semacam  ini  sebenarnya  sudah
         diantisipasi  oleh  para  penyelenggara  PJJ  dengan  menekankan
         bahwa  peranan  media  sangat  penting  dalam  PJJ.   Schramm
         (1981)  mengatakan  bahwa  PJJ  adalah  pengajaran  yang
         menggunakan  media  komunikasi  untuk  memperluas  kesempatan
         belajar  di  luar  ruang  kelas  dan  kampus,  sehingga  dimungkinkan



                                                                 557
   556   557   558   559   560   561   562   563   564   565   566