Page 561 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 561
PENDIDIKAN TINGGI JARAK ]AUH
48.000.000 (48 juta) soal. Peran TIK sangat signifikan untuk
mempercepat proses penilaian hasil ujian sehingga hasilnya
segera di terima oleh mahasiswa. Di sisi lain, peran TIK di bidang
pengujian adalah dalam hal manajemen pengembangan dan
penyimpanan soal melalui sistem Bank Soal Sistem ini
memungkinkan insititusi pendidikan untuk menyed1akan soal-soal
yang berkualitas dan terjamin kerahasiaan atau keamanannya.
Perbaikan berkelanjutan melalui sistem ini dapat dilakukan karena
validitas dan reabilitas setiap soal yang diujikan dapat dianalisis
sehingga soal tersebut dapat dikalibrasi ulang sampai mencapai
standar kualitas yang diinginkan Kerahasiaan dapat sangat
terjamin karena otorisasi perubahan isi soal hanya diberikan ke
pengembang soal tetentu yang diberi kewenangan untuk
melakukan hal tersebut.
2. Aspek TIK dalam Kegiatan Belajar PJJ
Dalam konsep PJJ, salah satu karakter yang menonjo!
yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik PJJ adalah sifat
mandiri, terutama dalam proses belajar. Terpisahnya peserta didik
dan pengaJar secara geografis membuat mereka suka atau tidak
suka harus mengandalkan bahan ajar yang ada di tangannya.
Meskipun hampir semua insititusi penyelenggara PJJ memberikan
layanan tutorial tatap muka, para mahasiswa tidak selalu dapat
memanfaatkan secara optimal karena terbatasnya waktu atau
karena kendala teknis yang lain, seperti lokasi tutorial yang terlalu
jauh dari tempat tinggalnya. Hal semacam ini sebenarnya sudah
diantisipasi oleh para penyelenggara PJJ dengan menekankan
bahwa peranan media sangat penting dalam PJJ. Schramm
(1981) mengatakan bahwa PJJ adalah pengajaran yang
menggunakan media komunikasi untuk memperluas kesempatan
belajar di luar ruang kelas dan kampus, sehingga dimungkinkan
557