Page 558 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 558

Anggoro,  T eknologl lnformasi dan Komunikasi  ....



              Perkembangan teknologi pada abad  21  sangat luar biasa.
       Suatu  jargon  baru  yang  merupakan  sinergi  perkembangan
       teknologi  komunikasi  dan  informasi  muncul  dan  dikenal  dengan
       nama Teknologi lnformasi dan  Komunikasi (TIK) yang  merupakan
       terjemahan  dari  bahasa  lnggris  Information  and  Communication
       Technology atau ICT  Teknologi ini merambah ke berbagai aspek
       kehidupan,  mulai  dari  militer,  ekonomi,  kesehatan,  atau
       kedokteran,  sains,  dan  sebagainya,  termasuk  dunia  pendidikan.
       Apakah  relevansi  TIK  bagi  PJJ?  Tulisan  ini  membahas
       pemanfaatan  TIK  dalam  Pendidikan  Jarak  Jauh  (PJJ)  dengan
       menggunakan Universitas Terbuka sebagai ilustrasi.


       A.  TIK dan lnstitusi Pendidikan Jarak Jauh

              Penetrasi  TIK  ke  dalam  dunia  pendidikan  tak  ter!epas
       dari  daya  tarik  TiK  itu  sendiri  sebagai  alat  yang  menjanjikan
       berbagai macam kemudahan dan keefisienan dalam  pengelolaan
       suatu institusi pendidikan.  Kedua,  kelebihan TIK ini dipromosikan
       dengan  sangat  gencar  oleh  industri  TIK  dan  kemudian  diadopsi
       dan  diterjemahkan  oleh  pihak  manajemen  pendidikan  ke  dalam
       bentuk  kebijakan  pemanfaatan  TIK  di  institusi  masing-masing.
       Kerangka  Kerja  Strategi  TIK  atau  Kebijakan  TIK  pada  saat  ini
       merupakan  dokumen  standar  bagi  suatu  institusi  pendidikan  di
       berbagai  negara  maju  sebagai  cerminan  sikap dalam  mengambil
       posisi  terhadap  peran  TIK.  Direkorat  Jendral  Pendidikan  Tinggi
       Indonesia  juga  mempunyai  dokumen  yang  sama  dengan  nama
       Strategi TIK Direkorat Jendral Pendidikan Tinggi.
              Ruang  lingkup  atau  isi  cakupan  yang  terdapat  dalam
       dokumen  kebijakan  pemanfaatan  TIK tersebut  bervariasi,  karena
       disesuaikan  dengan  kondisi  perguruan  tinggi  dan  perkembangan
       TIK  di  negara  masing-masing.  Hal  ini  tampak  dari  komponen-
       komponen  utama  yang  mereka  tuangkan  secara  eksplisit  dalam



       554
   553   554   555   556   557   558   559   560   561   562   563