Page 554 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 554
Hasmonel, Manajemen Operasional dan Jaringan ....
kebutuhan mahasiswa. Satu hal yang mustahil bila PJJ tersebut
harus melayani langsung semua kebutuhan mahasiswa yang
menyangkut bantuan belajar. Alternatif yang dapat dipilih antara
lain memberikan tutorial tertulis melalui kerja sama dengan koran
daerah. Nara sumbernya tidak harus selalu staf edukatif dari PJJ
yang bersangkutan melainkan dapat juga berasal dari dosen/tutor
perguruan tinggi tatap muka di mana mahasiswa itu berada.
Kegiatan bantuan belajar secara elektronik juga
membutuhkan jaringan Namun demikian, pengelola PJJ perlu
mempertimbangkan beberapa hambatan yang sering timbul
dalam menggunakan perangkat elektronik.
• Hambatan berasal dari dalam diri peserta ajar itu sendiri,
misalnya yang berupa kemampuan mereka berbahasa lnggris
dan kemampuan finansial untuk membiayai kegiatan
mengakses internet secara teratur.
• Hambatan berasal dari pimpinan atau pengelola pendidikan,
yaitu mengenai ada atau tidaknya dukungan dan komitmen
terhadap penyelenggaraan kegiatan pembelajaran melalui
internet bagi peningkatan kualitas pembelajaran mereka.
• Hambatan berasal dari lembaga pengembang bahan belajar
on-line dan penyedia jasa di bidang internet dan
telekomunikasi, yang berupa komitmen untuk memfasilitasi
pengembangan bahan-bahan belajar elektronik dan
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran elektronik.
• Hambatan yang dikemukakan di atas adalah juga merupakan
tantangan bagi semua pihak yang bergerak di bidang PJJ.
Oleh karena itu, kerjasama jaringan dengan berbagai instansi
dan institusi akan memungkinkan teratasinya hambatan
tersebut. Kerja sama dengan instansi pemerintah dan institusi
swasta akan dapat mengembangkan iklim yang kondusif bagi
para peserta ajar untuk memanfaatkan internet bagi
peningkatan kualitas pembelajaran peserta ajar.
550