Page 554 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 554

Hasmonel,  Manajemen Operasional dan  Jaringan  ....



        kebutuhan  mahasiswa.  Satu  hal  yang  mustahil  bila  PJJ  tersebut
       harus  melayani  langsung  semua  kebutuhan  mahasiswa  yang
       menyangkut  bantuan  belajar.  Alternatif  yang  dapat  dipilih  antara
        lain  memberikan  tutorial tertulis  melalui  kerja  sama dengan  koran
       daerah.  Nara  sumbernya  tidak  harus selalu  staf edukatif dari  PJJ
       yang  bersangkutan  melainkan dapat juga berasal dari dosen/tutor
       perguruan tinggi tatap muka di mana mahasiswa itu  berada.
               Kegiatan   bantuan   belajar  secara   elektronik  juga
       membutuhkan  jaringan  Namun  demikian,  pengelola  PJJ  perlu
       mempertimbangkan  beberapa  hambatan  yang  sering  timbul
       dalam menggunakan perangkat elektronik.
       •   Hambatan  berasal  dari  dalam  diri  peserta  ajar  itu  sendiri,
           misalnya yang  berupa kemampuan mereka berbahasa lnggris
           dan   kemampuan  finansial   untuk  membiayai  kegiatan
           mengakses internet secara teratur.
       •   Hambatan  berasal  dari  pimpinan  atau  pengelola  pendidikan,
           yaitu  mengenai  ada  atau  tidaknya  dukungan  dan  komitmen
           terhadap  penyelenggaraan  kegiatan  pembelajaran  melalui
           internet bagi peningkatan kualitas pembelajaran mereka.
       •   Hambatan  berasal  dari  lembaga  pengembang  bahan  belajar
           on-line  dan   penyedia  jasa  di   bidang   internet  dan
           telekomunikasi,  yang  berupa  komitmen  untuk  memfasilitasi
           pengembangan     bahan-bahan    belajar   elektronik   dan
           penyelenggaraan kegiatan pembelajaran elektronik.
       •   Hambatan  yang  dikemukakan  di  atas adalah juga  merupakan
           tantangan  bagi  semua  pihak  yang  bergerak  di  bidang  PJJ.
           Oleh  karena  itu,  kerjasama jaringan  dengan berbagai  instansi
           dan  institusi  akan  memungkinkan  teratasinya  hambatan
           tersebut.  Kerja sama dengan instansi pemerintah dan  institusi
           swasta akan dapat mengembangkan  iklim yang  kondusif bagi
           para  peserta  ajar  untuk  memanfaatkan  internet  bagi
           peningkatan kualitas pembelajaran peserta ajar.



       550
   549   550   551   552   553   554   555   556   557   558   559