Page 551 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 551
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
Layanan Registrasi
Sistem registrasi yang diterapkan oleh PT JJ tidak
mungkin mewajibkan mahasiswa selalu datang ke kampus untuk
melakukan registrasi. Peserta ajar harus diberi alternatif agar bisa
melakukan registrasi di tempat-tempat tertentu yang lebih mudah
dijangkau dan dijamin mendapat pelayanan yang baik. Sebuah
institusi PJJ perlu menyediakan fasilitas registrasi dengan
berbagai modus. Registrasi dapat dilakukan secara langsung baik
secara konvensional dengan datang sendiri ke tempat registrasi
yang sudah ditentukan atau registrasi online. Operasionalisasi
proses registrasi ini bila tidak memanfaatkan jaringan kemitraan
dengan institusi lain maka akan membutuhkan dana dan tenaga
yang sangat besar. Satu penyelenggara PJJ tidak akan mungkin
membangun sendiri jaringan khusus untuk melayani kebutuhan
registrasi online saja. Oleh karena itu, akan lebih efisien bila PJJ
hanya melakukan kerJasama dengan institusi yang khusus
bergerak di bidang tersebut, misalnya dengan bank atau dengan
perusahaan telekomunikasi.
Tidak semua peserta ajar dapat dengan mudah
menjangkau kantor unit pelayanan PJJ dalam waktu yang singkat.
Ada kalanya mahasiswa harus menempuh perjalanan berjam-jam
baru sampai ke tempat pelayanan. Peserta ajar seperti ini
jumlahnya tidak sedikit sehingga untuk meningkatkan pelayanan
terhadap mereka maka perlu fasilitas registrasi langsung dan
kemudahan untuk mendapatkan berkas registrasi. lnstitusi PJJ
yang ada, baik yang terjadi di Universitas Terbuka di Indonesia
maupun universitas terbuka di luar Indonesia yang memiliki
jumlah mahasiswa yang besar, mengalami masalah ketidak-
akuratan data peserta ajar yang melakukan registrasi. Untuk
mengatasi hal tersebut, institusi PJJ mutlak mengharuskan
dilakukannya perbaikan data setiap hari sampai selesai. Sudah
547