Page 548 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 548
Hasmonel, Manajemen Operasional dan Jarlngan ....
----·· ·----- -----
7. estetika, yaitu daya tarik produk terhadap panca indera, dan
8. kualitas yang dipersepsikan, yaitu citra dan reputasi produk
serta tanggung jawab terhadap pemakaian produk.
Pendidikan jarak jauh (PJJ) semakin hari se -nakin
berkembang. Sejalan dengan itu pengertian dan definisir.yJ pun
semakin banyak dikembangkan oleh para pakar pendidikar. jarak
jauh Berdasarkan definis1 para pakar dan tradisi praktis mengenai
PJJ, Keegan dalam Andriani (2003) mengembangkan definisi
sistem PJJ dan berdasarkan definisi tersebut menurunkan enam
karakter yang dimiliki oleh PJJ sebagai berikut:
1. Keterpisahan antara pengajar dengan peserta ajar, hal ini
yang membedakan PJJ dengan pengajaran tatap muka;
2. Ada pengaruh dari suatu organ1sasi pendidikan yang
membedakannya dengan belajar sendiri di rumah;
3. Penggunaan beragam media (tercetak, terekam, tersiar)
untuk mempersatu~.an pengajar dan peserta ajar dalam suatu
interaksi pembelajaran;
4. Penggunaan komunikasi dua arah sehingga peserta ajar
dapat menarik manfaat dan melakukan dialog jika diperlukan;
5. Kemungkinan pertemuan sekali-sekali untuk keperluan
pembelajaran dan sosialisasi (pembelajaran diarahkan
kepada ind1vidu-bukan kepada kelompok); dan
6 Proses pendidikan yang memiliki bentuk hampir sama dengan
proses industri
B. Jaringan Pendidikan Jarak Jauh
Dari karakteristik PJJ yang dikemukakan Keegan dalam
Andnani (2003) tersebut, sebuah mstitusi PJJ mutlak memiliki
jaringan kemitraan dengan pihak lain. Karakteristik yang pertama
adalah keterpisahan antara peng2jar dengan peserta ajar.
544