Page 548 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 548

Hasmonel,  Manajemen Operasional dan  Jarlngan  ....
                                        ----·· ·----- -----



       7.  estetika,  yaitu daya tarik  produk terhadap panca indera, dan
       8.  kualitas  yang  dipersepsikan,  yaitu  citra  dan  reputasi  produk
          serta tanggung jawab terhadap pemakaian produk.

              Pendidikan  jarak  jauh  (PJJ)  semakin  hari  se -nakin
      berkembang.  Sejalan  dengan  itu  pengertian  dan  definisir.yJ  pun
       semakin  banyak  dikembangkan oleh  para  pakar pendidikar.  jarak
      jauh  Berdasarkan definis1  para pakar dan tradisi praktis mengenai
       PJJ,   Keegan  dalam  Andriani  (2003)  mengembangkan  definisi
      sistem  PJJ  dan  berdasarkan  definisi  tersebut  menurunkan  enam
       karakter yang dimiliki oleh  PJJ sebagai berikut:
       1.  Keterpisahan  antara  pengajar  dengan  peserta  ajar,  hal  ini
          yang membedakan  PJJ dengan pengajaran tatap muka;
      2.  Ada  pengaruh  dari  suatu  organ1sasi  pendidikan  yang
          membedakannya dengan belajar sendiri di rumah;
       3.  Penggunaan  beragam  media  (tercetak,  terekam,  tersiar)
          untuk mempersatu~.an pengajar dan  peserta ajar dalam suatu
          interaksi pembelajaran;
      4.  Penggunaan  komunikasi  dua  arah  sehingga  peserta  ajar
          dapat menarik manfaat dan melakukan dialog jika diperlukan;
      5.  Kemungkinan  pertemuan  sekali-sekali  untuk  keperluan
          pembelajaran   dan   sosialisasi  (pembelajaran  diarahkan
          kepada ind1vidu-bukan kepada kelompok); dan
      6   Proses pendidikan yang memiliki bentuk hampir sama dengan
          proses industri


      B.  Jaringan Pendidikan Jarak Jauh
              Dari  karakteristik  PJJ  yang  dikemukakan  Keegan  dalam
      Andnani  (2003)  tersebut,  sebuah  mstitusi  PJJ  mutlak  memiliki
      jaringan  kemitraan  dengan  pihak  lain.  Karakteristik  yang  pertama
      adalah  keterpisahan  antara  peng2jar  dengan  peserta  ajar.



      544
   543   544   545   546   547   548   549   550   551   552   553