Page 546 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 546

Hasmonel,  Manajemen Operasional dan  Jaringan  ....



       2.  Manajemen  harus  mengadakan  pemilihan  dan  harus  melatih
           serta  memperkembangkan  pekerja  atau  buruh  secara  ilmiah,
           dan  menghilangkan  atau  membuang  praktek-praktek  lama
           yang  memperkenankan  para  pekerja memilih  kerjanya  sendiri
           serta melatih dirinya sendiri.


       3   Manajemen  harus  mengembangkan  semangat  kerjasama
           yang  erat  antara  pekerja,  buruh,  pegawai,  dan  untuk
           menjamin  terlaksananya  pekerjaan,  manajemen  juga  harus
           disesuaikan dengan metode ilmiah


       4.  Manajemen  harus mengadakan pembagian  pekerjaan antara
           kaum  buruh  atau  pekerja  dengan  majikan  atau  manajer.  dan
           masing-masing  harus  menerima  resiko  atas  pekerjaannya
           sendiri,  sehingga jelas batas tanggung Jawab masing-masing.


               lstilah  operasional  sebenarnya  sering  dipergunakan
       dalam  suatu  organisasi  yang  menghasilkan  produk  tertentu  baik
       berupa  barang  dan  Jasa  (Sofjan  Assauri,  1999)  Produksi  juga
       mengandung  pengertian  suatu  proses  yang  mengubah  masukan-
       masukan  (inputs)  dan  menggunakan  sumber-sumber daya  untuk
       menghasilkan  keluaran-keluaran  (outputs)  yang  berupa  barang
       dan  jasa  Dalam  pendidikan  tinggi  Jarak  Jauh,  institusi  pengelola
       akan  menghasilkan  keduanya,  yaitu  barang-barang  dan  jasa.
       Penerapan  manajemen  operasional  dalam  sistem  operasional
       adalah agar penyelenggara PJJ dapat melakukan pelayanan yang
       memuaskan  peserta  aJar dan  menghasilan  produk  (lulusan)  yang
       berkualitas dalam jumlah  banyak,  dalam waktu  yang  terukur serta
       biaya  yang  seefisien mungkin
              Memang  ada  beberapa  pihak  yang  berpendapat  bahwa
       dalam  banyak  hal,  kualitas  adalah  sesuatu  yang  dapat dirasakan
       atau  diketahui,  tetapi  sulit  didefinisikan  Dengan  sudut  pandang



       5cl2
   541   542   543   544   545   546   547   548   549   550   551