Page 541 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 541

PENDIDIKAN TINGGI  JARAK )AUH



                 Searah  dengan  keyakinan  tersebut,  sebuah  institusi
          pendidikan jarak jauh (PJJ)  di  manapun  berada,  baru  akan  dinilai
          berhasil  oleh  masyarakat  apabila  sudah  dapat  melayani
          kebutuhan  mahasiswa  dan  masyarakat  pengguna  secara  prima
          tanpa  mengabaikan  kualitas  akademik  yang  kadang-kadang
          dilupakan  oleh  peserta  ajar  dan  masyarakat  itu  sendiri.  Dengan
          kata  lain,  peserta  ajar  dapat  dilayani  secara  prima  sehingga
          menjadi  berkualitas  dan  masyarakat  pengguna  menjadi  puas
          karena  merasakan  dampak  positifnya  melalui  kinerja  para alumni
          yang  dihasilkan  oleh  penyelengga/institusi  PJJ.  Untuk  dapat
          mencapai  kondisi  yang  dicita-citakan  itu  memang  banyak  hal
          yang  perlu  dikembangkan  sehingga  dapat  membawa  atau
          mengantarkan  institusi  PJJ  kepada  kondisi  yang  diinginkan  oleh
          masyarakat  dengan  tepat  waktu  dan  berkualitas.  Dalam
          hubungannya  dengan  kepentingan  PJJ,   penulis  hanya  akan
          melihat  dari  dua  faktor  yaitu  dari  sudut  pandang  manajemen
          operasional  dan  sudut  pandang  jaringan  pendidikan  jarak  jauh.
          Dari  berbagai  pengalaman  institusi  PJJ  di  dunia,  kedua  faktor  ini
          merupakan faktor yang  sangat menentukan berhasil tidaknya satu
          institusi  PJJ.  Dalam  dunia  PJJ,  kedua  faktor  ini   dapat
          diumpamakan  sebagai  dua  sisi  mata  uang,  yang  satu  sama  lain
          saling  terkait  dan  saling  melengkapi.  Secara  sederhana  dapat
          dikatakan  bahwa  sebuah  institusi  PJJ  tidak  akan  dapat berjalan
          dengan  baik  tanpa  adanya  manajemen  operasional  yang  handal
          PJJ juga tidak akan dapat beroperasi dengan efektif tanpa adanya
          jaringan  kemitraan  dengan  institusi  swasta  dan  instansi
          pemerintah lainnya.












                                                                  537
   536   537   538   539   540   541   542   543   544   545   546