Page 541 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 541
PENDIDIKAN TINGGI JARAK )AUH
Searah dengan keyakinan tersebut, sebuah institusi
pendidikan jarak jauh (PJJ) di manapun berada, baru akan dinilai
berhasil oleh masyarakat apabila sudah dapat melayani
kebutuhan mahasiswa dan masyarakat pengguna secara prima
tanpa mengabaikan kualitas akademik yang kadang-kadang
dilupakan oleh peserta ajar dan masyarakat itu sendiri. Dengan
kata lain, peserta ajar dapat dilayani secara prima sehingga
menjadi berkualitas dan masyarakat pengguna menjadi puas
karena merasakan dampak positifnya melalui kinerja para alumni
yang dihasilkan oleh penyelengga/institusi PJJ. Untuk dapat
mencapai kondisi yang dicita-citakan itu memang banyak hal
yang perlu dikembangkan sehingga dapat membawa atau
mengantarkan institusi PJJ kepada kondisi yang diinginkan oleh
masyarakat dengan tepat waktu dan berkualitas. Dalam
hubungannya dengan kepentingan PJJ, penulis hanya akan
melihat dari dua faktor yaitu dari sudut pandang manajemen
operasional dan sudut pandang jaringan pendidikan jarak jauh.
Dari berbagai pengalaman institusi PJJ di dunia, kedua faktor ini
merupakan faktor yang sangat menentukan berhasil tidaknya satu
institusi PJJ. Dalam dunia PJJ, kedua faktor ini dapat
diumpamakan sebagai dua sisi mata uang, yang satu sama lain
saling terkait dan saling melengkapi. Secara sederhana dapat
dikatakan bahwa sebuah institusi PJJ tidak akan dapat berjalan
dengan baik tanpa adanya manajemen operasional yang handal
PJJ juga tidak akan dapat beroperasi dengan efektif tanpa adanya
jaringan kemitraan dengan institusi swasta dan instansi
pemerintah lainnya.
537