Page 542 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 542

Hasmonel,  Manajemen Operasional dan  Jaringan  ....



        A.  Manajemen Operasional Pendidikan Jarak Jauh
                Membicarakan  masalah  manajemen  operasional  sudah
        tentu  tidak  bisa  lepas  dari  pengertian  manajemen.  Dengan
        manajamen maka akan terlihat adanya suatu kegiatan  atau usaha
        yang  dilakukan  secara  terencana  untuk  mencapai  tujuan  dengan
        cara  menggunakan  atau  mengkoordinasikan  sumber  daya  dan
        kegiatan-kegiatan  unit  lain  sehingga  menghasilkan  keluaran-
        keluaran  (outputs)  berupa  barang  dan  jasa.  Dengan  kata  lain
        untuk  menghasilkan  barang  dan  jasa  manajer tidak akan  mampu
        melakukannya  sendiri  melainkan  memerlukan  bantuan  dan
        dilakukan  secara  bersama  dengan  orang  lain.  Pakar manajemen
        ada  juga  yang  mengungkapkan  bahwa  manajemen  pada
        dasarnya  adalah  proses  pengambilan  keputusan  yang  berkaitan
        dengan   perencanaan,   pengorganisasian,   pengarahan   dan
        pengendalian  yang  dilakukan  untuk  mencapai  tujuan  organisasi
        (Koontz,  1994).  Sejalan  dengan  itu,  maka    manajemen
        operasional  dalam  pendidikan  tinggi  jarak  jauh  pada  dasarnya
        merupakan  proses  pengambilan  keputusan  yang  berkaitan
        dengan  pelayanan  peserta  ajar yang  meliputi  registrasi,  produksi
        dan  reproduksi  bahan  ajar,  bantuan  belajar dan  penyelenggaraan
        ujian  bagi  mahasiswa,  sehingga semua yang  direncanakan dapat
        terselenggara tepat waktu,  tepat mutu,  tepat jumlah dengan biaya
        yang  efisien.  Santoso  (1992)  menyatakan  bahwa  sistem
        manajemen itu  harus mengangkat kualitas sebagai strategi usaha
        dan  berorientasi  kepada  kepuasan  peserta  ajar  (pelanggan)
        dengan  melibatkan  seluruh  komponen  organisasi.  Dengan
        demikian  sistem  operasionaf  dalam  pendidikan  jarak  jauh  yang
        perlu  menjadi  perhatian  khusus  sehingga  kualitasnya  menjadi
        terangkat  adalah  sistem  fayanan  yang  mendukung  kebutuhan
        mahasiswa  khususnya  dalam  bentuk  pelaksanaan  registrasi,
        reproduksi  dan  distribusi  bahan  ajar,  serta  kegiatan  pemberian




        538
   537   538   539   540   541   542   543   544   545   546   547