Page 542 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 542
Hasmonel, Manajemen Operasional dan Jaringan ....
A. Manajemen Operasional Pendidikan Jarak Jauh
Membicarakan masalah manajemen operasional sudah
tentu tidak bisa lepas dari pengertian manajemen. Dengan
manajamen maka akan terlihat adanya suatu kegiatan atau usaha
yang dilakukan secara terencana untuk mencapai tujuan dengan
cara menggunakan atau mengkoordinasikan sumber daya dan
kegiatan-kegiatan unit lain sehingga menghasilkan keluaran-
keluaran (outputs) berupa barang dan jasa. Dengan kata lain
untuk menghasilkan barang dan jasa manajer tidak akan mampu
melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dan
dilakukan secara bersama dengan orang lain. Pakar manajemen
ada juga yang mengungkapkan bahwa manajemen pada
dasarnya adalah proses pengambilan keputusan yang berkaitan
dengan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan
pengendalian yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi
(Koontz, 1994). Sejalan dengan itu, maka manajemen
operasional dalam pendidikan tinggi jarak jauh pada dasarnya
merupakan proses pengambilan keputusan yang berkaitan
dengan pelayanan peserta ajar yang meliputi registrasi, produksi
dan reproduksi bahan ajar, bantuan belajar dan penyelenggaraan
ujian bagi mahasiswa, sehingga semua yang direncanakan dapat
terselenggara tepat waktu, tepat mutu, tepat jumlah dengan biaya
yang efisien. Santoso (1992) menyatakan bahwa sistem
manajemen itu harus mengangkat kualitas sebagai strategi usaha
dan berorientasi kepada kepuasan peserta ajar (pelanggan)
dengan melibatkan seluruh komponen organisasi. Dengan
demikian sistem operasionaf dalam pendidikan jarak jauh yang
perlu menjadi perhatian khusus sehingga kualitasnya menjadi
terangkat adalah sistem fayanan yang mendukung kebutuhan
mahasiswa khususnya dalam bentuk pelaksanaan registrasi,
reproduksi dan distribusi bahan ajar, serta kegiatan pemberian
538