Page 547 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 547
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
yang berbeda, penilaian terhadap sesuatu produk barang dan
jasa juga akan menghasilkan sesuatu yang berbeda pula.
Sebagai salah satu contoh yaitu penilaian terhadap kualitas jenis
musik. Tidak jarang kita mendengar orang memperdebatkan
bahwa musik dangdut lebih berkualitas dari musik klasik. Ada pula
yang berpendapat musik klasik lebih berkualitas, tapi yang
bersangkutan selalu mendengarkan musik pop. Kualitas dalam
hal ini tidak berbanding sejajar dengan kebutuhan. Berbeda
dengan dunia pendidikan. Kualitas produk dari sebuah institusi
pendidikan merupakan satu entitas atau atribut yang dapat
dikuantifikasikan dan dapat diukur. Perbedaan dalam kualitas
mencerminkan perbedaan dalam jumlah, mutu dan kepuasan
pengguna. Penilaian terhadap kualitas dapat ditentukan secara
objektif. Kualitas dalam hal ini berbanding sejajar dengan
kebutuhan terhadap produk yang dihasilkan.
Ada delapan dimensi kua/itas yang dikembangkan Garvin
(dalam Tjiptono, 2003) yang dapat digunakan sebagai kerangka
perencanaan strategis dan analisis dalam manajemen Dimensi-
dimensi tersebut adalah
1. kinerja karakteristik operasi pokok dari produk inti;
2. ciri-ciri keistimewaan tambahan, yaitu karakteristik sekunder
atau pelengkap;
3. kehandalan, yaitu adanya kemungkinan yang sangat kecil
akan mengalami kerusakan atau gagal dipakai;
4. kesesuaian dengan spesifikasi, yaitu sejauh mana
karakteristik desain dan operasi memenuhi standar-standar
yang telah ditetapkan sebelumnya;
5. daya tahan, berkaitan dengan berapa lama produk tersebut
dapat terus digunakan;
6. dapat diperbaiki meliputi kecepatan, kompetensi, kenyaman-
an, mudah direparasi, dan penanganan keluhan yang
memuaskan
543