Page 549 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 549

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



          Peserta  ajar dalam  hal  ini  tidak  berdampingan  dengan  pengaJal".
          Namun demikian keterpisahan ini hanya keterpisahan  fisik,  waktu
          dan  geografis  bukan  keterpisahan  kebutuhan  akan  pembelajaran
          itu sendiri.  Untuk mengatasi keterpisahan ini pengajar dan peserta
          ajar  dapat  dipersatukan  dalam  suatu  interaksi  pembelaJaran
          dengan  ada  sarana  yang  menjadi  alat  penghubung.  Alat
          penghubung  yang  digunakan  adalah  alat  komunikasi  baik
          komunikasi  langsung  maupun  komunikasi  tidak  langsung.  Alat
          komunikasi ada  yang  bersifat langsung,  misalnya radio transmiter
          dan  telepon  yang  dapat  memfasilitasi  pengajar  dan  peserta  ajar
          sehingga  dapat  berkomunikasi  dua  arah.  Alat  komunikasi  tidak
          la11gsung  misalnya bahan ajar cetak,  terekam, dan  tersiar.  Semua
          ini  mutlak  membutuhkan  pihak  lain  Untuk  itu,  PJJ  dalam
          mengoperasikan  kegiatan-kegiatannya  sangat tergantung  kepada
          jaringan  kemitraan  Sebuah  PJJ  secara  berkesinambungan  perlu
          membangun  (jaringan)  hubungan  yang  saling  menguntungkan
          dengan  mitra  Manfaat yang  akan  diperoleh  dari  hubungan  yang
          saling  menguntungkan  ini  dapat diklasifikasikan  dalam  beberapa
          faktor,  antara lain:
          1.  efisiensi (biaya,  waktu, dan tenaga),
          2.  sinergi  dua  kekuatan  atau  lebih  karena  terhimpunnya
             beberapa sumber daya, dan
          3.  terjadinya tukar menukar keahlian,  informasi


                 Berbagai  literatur  dan  pernyataan  lembaga  PJJ  seperti
          Open   Learning   Institute   (OLI)   di   Canada,   Shukhothai
          Thammathirat  Open   University  (STOU)  di  Thailand  dan
          Universitas Terbuka di  Indonesia mengakui bahwa penyelenggara
          PJJ  dapat  berjalan  dengan  baik  karena  adanya  jaringan
          kemitraan  dengan  berbagai  pihak.  Melalui  jaringan  kemitraan
          inilah  PJJ  dapat  memanfaatkan  sumber  daya  manusia  yang
          berkualitas  dari  perguruan  tinggi  lain  untuk bantuan  yang  bersifat



                                                                  545
   544   545   546   547   548   549   550   551   552   553   554