Page 564 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 564
Anggoro, Teknologi lnfonnasi dan Komunikasi ....
sc:1lah s8tu bagian esensial, dari unit pendukung operasional UT.
Pertama, pada tahun 1984, UT melakukan investasi dalam hal
penyediaan sarana dan prasarana untuk unit pendukung tersebut
yang dikenal dengan Pusat Komputer UT Sesuai dengan
perkembangan tekno!ogi waktu itu, UT menggunakan komputer-
sedang Data General (MV4) untuk mengolah data 64 ribu
mahas1swa. Kedua, peran TIK yang juga cukup menonjol dalam
rnasa awal berdirinya UT adalah dalam hal penyiapan bahan ajar.
Sebaga1 suatu universitas jarak jauh yang baru, UT harus
:nenyediakan bahan ajar untuk mata kuliah yang ditawarkan di
empat Fakultas. Bahan ajar yang dimaksudkan terutama bahan
<'!jar cetak yang dikenal dengan istilah modul. Dalam penyediaan
atau penulisan modul, UT memilih melakukan investasi dengan
n1eMiJei' komputer Apple II dengan pengolah kata WordStar.
'Jerkemoangan teknologi yang pesat d1 dunia pengolah kata
akhirnya mengarah dari pengolah kata sederhana ke perangkat
lunak yang semakin canggih yang menggabungkan aspek
uengetikan dan tata letak, yang kemudian dikenal dengan nama
penerbitan di atas meja. Dua kebutuhan dasar TIK dalam
oengolahan data dan penerbitan di atas meJa tersebut sampai
:oaat 1ni masih merupakan komponen TIK yang dominan dalam
sistem manajemen PJJ UT.
Perkembangan pemanfaatan TIK di UT semakin
meninskat dari tahun ke tahun, baik ragam maupun kua:itasnya.
Ragam yang d1maksud adalah spesifikasi perangkat keras,
')erangvat lunak, dan Jenis-jenis aplikasi lain yang dibutuhkan oleh
·~·l SE:cara perlahan namun pasti UT mengadops1 perkembangan
teknologi tersebut, dan secara bertahap dan hati-hati
memanfaatkannya. Hal ini dilakukan karena UT menyadari bahwa
;nvestasi di sektor TIK pada dasarnya tidak murah dan cukup
:;eres1ko jika dikaitkan dengan siklus perkembangan TIK itu
snndin Suatu produk TIK menjadi semakin cepat usang karena
560