Page 568 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 568
Anggoro, Teknolo~;:i lnfonnasi dan Komunikasi ....
-----
l\ebutuhan terhadap Rencana /nduk T/K. Seperti yang
telah disampaikan dalam uraian pengantar pendekatan tambal
su!am di atas, salah satu timbulnya fenomena atau pendekatan
tersebut karena institusi t1dak mempunyai rencana induk TIK
Secara ideal, pengembangan rencana induk TIK suatu institusi
:nerupakan bagian yang tidak terlepas dengan rencana induk
pengembangan institusi itu sendiri. Dengan demikian, TIK dapat
dipergunakan sebagai alat untuk mengakselerasi dan
rne'lgoptimalkan seluruh aktiv1tas operasional institusi yang
oersangkutan untuk mencapai visl dan misinya.
Dengan memandang UT sebagai institusi penyelenggara
pendidikan jarak jauh, aktiv1tas operasional UT secara
keseluruhan menurut Setijadi (2001) dapat digambarkan seperti
pada Gambar 1. Tampak pada gambar tersebut bahwa aktivitas
operasional UT secara utuh meliputi proses registrasi sampai
mahasiswa diwisuda atau lulus dari UT Hal tersebut dapat dilihat
baik dari sisi mahasiswa maupun dari sisi UT sebagai institusi.
Proses registrasi dimula1 dengan penyediaan informasi kepada
mahasiswa mengenai prosedur registrasi (apa, baga1mana,
dimana, kapan, dan sebagainya). Proses penyediaan bahan
belajar dimulai dengan pengembangan, produksi, dan distribusi.
Proses belajar dimulai dengan pemberian informasi mengenai
strategi belajar rnandiri. bantuan belaJar dalam berbagai bentuk
tutorial serta konseling. Dalam hal ujian, proses d1mulai dari
pengembangan soal ujian, penyediaan dan distribusi naskah
ujian, penyelenggaraan ujian di lapangan, pengolahan hasil ujian,
penilaian, serta pengumuman hasil ujian Bagaimana TIK dapat
dimanfaatkan dalam keseluruhan aktivitas operasional ini dan
rnenuangkannya dalam rencana induk TIK UT?
564