Page 568 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 568

Anggoro,  Teknolo~;:i lnfonnasi dan  Komunikasi  ....
                                       -----


               l\ebutuhan terhadap Rencana /nduk  T/K.  Seperti  yang
       telah  disampaikan  dalam  uraian  pengantar  pendekatan  tambal
       su!am  di  atas,  salah  satu  timbulnya  fenomena  atau  pendekatan
       tersebut  karena  institusi  t1dak  mempunyai  rencana  induk  TIK
       Secara  ideal,  pengembangan  rencana  induk  TIK  suatu  institusi
       :nerupakan  bagian  yang  tidak  terlepas  dengan  rencana  induk
       pengembangan  institusi  itu  sendiri.  Dengan  demikian,  TIK  dapat
       dipergunakan   sebagai   alat   untuk   mengakselerasi   dan
       rne'lgoptimalkan  seluruh  aktiv1tas  operasional  institusi  yang
       oersangkutan untuk mencapai visl dan misinya.
               Dengan  memandang  UT  sebagai  institusi  penyelenggara
       pendidikan  jarak  jauh,   aktiv1tas   operasional   UT  secara
       keseluruhan  menurut  Setijadi  (2001)  dapat  digambarkan  seperti
       pada  Gambar  1.  Tampak  pada  gambar tersebut  bahwa  aktivitas
       operasional  UT  secara  utuh  meliputi  proses  registrasi  sampai
       mahasiswa diwisuda  atau  lulus dari UT Hal  tersebut dapat dilihat
       baik  dari  sisi  mahasiswa  maupun  dari  sisi  UT  sebagai  institusi.
       Proses  registrasi  dimula1  dengan  penyediaan  informasi  kepada
       mahasiswa  mengenai  prosedur  registrasi  (apa,  baga1mana,
       dimana,  kapan,  dan  sebagainya).  Proses  penyediaan  bahan
       belajar  dimulai  dengan  pengembangan,  produksi,  dan  distribusi.
       Proses  belajar  dimulai  dengan  pemberian  informasi  mengenai
       strategi  belajar  rnandiri.  bantuan  belaJar  dalam  berbagai  bentuk
       tutorial  serta  konseling.   Dalam  hal  ujian,  proses  d1mulai  dari
       pengembangan  soal  ujian,  penyediaan  dan  distribusi  naskah
       ujian,  penyelenggaraan  ujian di  lapangan,  pengolahan  hasil ujian,
       penilaian,  serta  pengumuman  hasil  ujian  Bagaimana  TIK  dapat
       dimanfaatkan  dalam  keseluruhan  aktivitas  operasional  ini  dan
       rnenuangkannya dalam rencana induk TIK UT?








       564
   563   564   565   566   567   568   569   570   571   572   573