Page 571 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 571

Anggoro,  T eknologi lnfonnasi dan  Komunikasi  ....


                Jika  dipandang  dari  perspektif  pemanfaatan   TIK,
        keseluruhan  proses aktivitas operasional pada Gambar 1 tersebut
        dapat dikategorisasikan yang  secara garis besar dapat dipetakan
         seperti pada Gambar 2



           1  Katalog     I  Produks•    1  Tutonal      1  Produks•
           2  Reg1stras•   2  D•stnt:>us1   2  Konse!ing   2  Bank Soal
           3  SPP                                        3  Pelaksanaan


           Registrasi     Bahan Ajar     Bantuan Belajar   Ujian



                              Administrasi Akademik
                          Administrasi Umum dan Keuangan
                                    TIK


                                  Gambar 2
                       Pemanfaatan TIK dalam  Komeks  UT


                Seperti  tampak  pada  Gambar 2,  TIK  sebagai  alat  praktis
        dapat  masuk  d1  seluruh  sektor  aktivitas  operasional  UT  sebagai
        suatu  institusi  penyelengara  pendidikan  jarak  Jauh.   Jika
        komponen  pada  Gambar 2 tersebut diuraikan maka akan  muncul
        puluhan  aplikasi  TIK  yang  dapat dimanfaatkan  oleh  setiap  sektor
        dalam masing-masing  kelompok aktivitas besar seperti registrasi,
        bantuan belajar,  bahan  ajar,  dan ujian   Suatu rencana  induk atau
        cetak  biru  pemanfaatan  TIK  dalam  suatu  institusi,  harus  sejalan
        dengan  berbagai  komponen  yang  ada  pada  institusi  tersebut
        Dalam  kasus  UT,    rencana   induk  sebagai  acuan  untuk
        pemanfaatan  TIK-UT  secara  terintegrasi  mutlak   diperlukan
        karena aktivitas operasional UT sangat kompleks.




        566
   566   567   568   569   570   571   572   573   574   575   576