Page 571 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 571
Anggoro, T eknologi lnfonnasi dan Komunikasi ....
Jika dipandang dari perspektif pemanfaatan TIK,
keseluruhan proses aktivitas operasional pada Gambar 1 tersebut
dapat dikategorisasikan yang secara garis besar dapat dipetakan
seperti pada Gambar 2
1 Katalog I Produks• 1 Tutonal 1 Produks•
2 Reg1stras• 2 D•stnt:>us1 2 Konse!ing 2 Bank Soal
3 SPP 3 Pelaksanaan
Registrasi Bahan Ajar Bantuan Belajar Ujian
Administrasi Akademik
Administrasi Umum dan Keuangan
TIK
Gambar 2
Pemanfaatan TIK dalam Komeks UT
Seperti tampak pada Gambar 2, TIK sebagai alat praktis
dapat masuk d1 seluruh sektor aktivitas operasional UT sebagai
suatu institusi penyelengara pendidikan jarak Jauh. Jika
komponen pada Gambar 2 tersebut diuraikan maka akan muncul
puluhan aplikasi TIK yang dapat dimanfaatkan oleh setiap sektor
dalam masing-masing kelompok aktivitas besar seperti registrasi,
bantuan belajar, bahan ajar, dan ujian Suatu rencana induk atau
cetak biru pemanfaatan TIK dalam suatu institusi, harus sejalan
dengan berbagai komponen yang ada pada institusi tersebut
Dalam kasus UT, rencana induk sebagai acuan untuk
pemanfaatan TIK-UT secara terintegrasi mutlak diperlukan
karena aktivitas operasional UT sangat kompleks.
566