Page 521 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 521
PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH
distribusi bahan ajar, proses pembelajaran seperti tutorial,
pengadaan bahan ujian, dan bahkan penyelenggaraan ujian,
institusi PT JJ menjalin kemitraan yang melibatkan berbagai
keahlian dari berbagai institusi pendidikan maupun
nonpendid1kan. Dengan demikian sangat jelas, bahwa SPJJ
tidak akan dapat bertahan dan berkembang tanpa adanya
kemitraan dan kerja sama yang baik dari berbagai instansi.
E. Kualitas pada Sistem Pendidikan Tinggi Jarak
Jauh
Dengan pemahaman tentang sistem penyelenggaraan
PT JJ yang cukup kompleks, maka sangat jelas bahwa kualitas
suatu insititusi PT JJ tidak hanya dapat dilihat dari segi produk
bahan ajarnya saja, yang memang secara fisik dapat terlihat dan
mudah untuk dinilai. Penilaian terhadap kualitas produk kelihatan
relatif mudah dibandingkan dengan penilaian terhadap suatu
proses. Demikian pula dalam penyelenggaraan sistem PT JJ,
penilaian terhadap produk, misalnya bahan ajar, relatif lebih
mudah dibandingkan dengan penilaian terhadap proses
pembelajaran, pelayanan, atau proses manajemen yang tidak
kelihatan. Bahan ajar dalam segala bentuk, baik cetak maupun
noncetak dapat dilihat dan dinilai secara langsung oleh pengguna
maupun masyarakat, sedangkan kualitas pembelajaran,
pelayanan, dan proses manajemen yang bersifat tidak kelihatan
lebih sulit untuk dinilai. Apakah dengan demikian lembaga PT JJ
lebih mementingkan pengupayaan kualitas terhadap produk yang
terlihat saja, atau perlu mengupayakan kualitas untuk setiap
bentuk produk baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat?
Seberapa besar lingkup kualitas yang perlu diperhatikan
dalam sebuah lembaga PT JJ tidak terlepas dari sistem organisasi
PT JJ secara umum. Organisasi penyelenggaraan SPJJ memiliki
517