Page 516 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 516

Padmo,  Sistem  )ami nan  Kualitas ~ada .. __ .. ____ .... __ --·----·--


        D.  Karakteristik Sistem Pendidikan Jarak Jauh

               Peters  (1973)  mengatakan  bahwa  pendidika'l jarak jauh
        adalah  metode  penyampaian  pengetahuan,  keteramp1la'l  dan
        sikap  melalui  penggunaan  media  yang  menerapkan  sistem
        industrialisasi  dalam  pernbelajaran.   Berdasarkan  analisis
        terhadap  sejumlah  definisl  dan  implementasi  sistem  pendidikan
        jarak  jauh  (SPJJ),  Keegan  (1980)  mengemukakan  karaKteristik
        sebagai berikut.
        1.  Keterpisahan antara pengajar dan peserta didik.
        2   Adanya   pengaruh   dari   organisasi   pendidikan   yang
            membedakannya dengan belajar sendiri.
        3.   Penggunaan  beragam  med1a,  terutama  media  cetak,  untuk
            menyampaikan materi ajar.
        4.  Penyediaan  komunikasi  dua  arah  sehingga  peserta  didik
            dapat  menarik  manfaat  dari  fasilitas  tersebut  dan  bahkan
            dapat berinisiatif untuk melakukan dialog.
        5.  Kemungkinan    adanya    perternuan   untuk   keperluan
            pembelajaran atau sosialisasi.
        6.  Penerapan sistem mdustrialisasi.


               Karakteristik  pembelajaran  jarak  jauh  seperti  yang
        disintesakan  oleh  Keegan  ( 1980) ditemukan  pad a  hampir semua
        lembaga penyelenggaran dengan bobot penerapan  yang  berbeda
        antara satu karaktenstik dengan karakteristik lain.


        1.  Keterpisahan antara Penga.iar dan Peserta Didik
            Dari   beberapa   karakteristik   SP JJ   terse but   di   atas,
            keterpisahan  antara  pengajar  dan  peserta  didik  merupakan
            karakteristik  utama  dari  SPJJ.   Pada  sernua  intitusi
            penyelenggaran  SPJJ,  karakteristik  ini  selalu  muncul,
            sedangkan  kelima  karakteristik  lain  muncul  dengan  bobot



        512
   511   512   513   514   515   516   517   518   519   520   521