Page 516 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 516
Padmo, Sistem )ami nan Kualitas ~ada .. __ .. ____ .... __ --·----·--
D. Karakteristik Sistem Pendidikan Jarak Jauh
Peters (1973) mengatakan bahwa pendidika'l jarak jauh
adalah metode penyampaian pengetahuan, keteramp1la'l dan
sikap melalui penggunaan media yang menerapkan sistem
industrialisasi dalam pernbelajaran. Berdasarkan analisis
terhadap sejumlah definisl dan implementasi sistem pendidikan
jarak jauh (SPJJ), Keegan (1980) mengemukakan karaKteristik
sebagai berikut.
1. Keterpisahan antara pengajar dan peserta didik.
2 Adanya pengaruh dari organisasi pendidikan yang
membedakannya dengan belajar sendiri.
3. Penggunaan beragam med1a, terutama media cetak, untuk
menyampaikan materi ajar.
4. Penyediaan komunikasi dua arah sehingga peserta didik
dapat menarik manfaat dari fasilitas tersebut dan bahkan
dapat berinisiatif untuk melakukan dialog.
5. Kemungkinan adanya perternuan untuk keperluan
pembelajaran atau sosialisasi.
6. Penerapan sistem mdustrialisasi.
Karakteristik pembelajaran jarak jauh seperti yang
disintesakan oleh Keegan ( 1980) ditemukan pad a hampir semua
lembaga penyelenggaran dengan bobot penerapan yang berbeda
antara satu karaktenstik dengan karakteristik lain.
1. Keterpisahan antara Penga.iar dan Peserta Didik
Dari beberapa karakteristik SP JJ terse but di atas,
keterpisahan antara pengajar dan peserta didik merupakan
karakteristik utama dari SPJJ. Pada sernua intitusi
penyelenggaran SPJJ, karakteristik ini selalu muncul,
sedangkan kelima karakteristik lain muncul dengan bobot
512