Page 519 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 519
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
5. Penyediaan Akses terhadap Pertemuan Tatap Muka
Walaupun karakteristik utama dari SPJJ adalah keterpisahan
antara pengajar dan peserta didik, hal ini tidak berarti bahwa
dalam SPJJ tidak diperlukan pertemuan tatap muka.
Hubungan interpersonal dalam SPJJ bila diperlukan dapat
dilakukan, baik antara pengajar dengan peserta didik,
ataupun antara sesama peserta didik. Pertemuan tatap muka
ini dapat dilakukan melalui beberapa cara antara lain, tutorial,
kegiatan orientasi, dan kegiatan sosialisasi. Akses terhadap
pertemuan antara tutor atau pengelola dengan peserta didik
sangat bervariasi antara satu lembaga dengan lembaga yang
lain lmplementasi dari karakteristik ini sangat bergantung
pada banyak faktor seperti ketersediaan tutor, dan keadaan
geografis.
6. lndustrialisasi Pendidikan
Karakteristik lain yang juga melekat pada SPJJ adalah
industrialisasi dalam proses pengajaran. lndustrialisasi di sini
dapat diartikan adanya kemiripan antara proses industri yang
kita kenai. lndustrialisasi dalam sistem PT JJ dapat dilihat
dalam beberapa hal, yaitu: rasionalisasi, pembagian tugas,
mekanisasi, ban berjalan, produksi masal, perencanaan dan
persiapan, standardisasi, perubahan fungsional, dan
monopolisasi. Peters (1973) mengemukakan bahwa
penyiapan penyajian materi belajar (pengetahuan,
keterampilan dan sikap), pemanfaatan media dan teknologi,
penggandaan bahan ajar serta distribusinya kepada peserta
didik, dilakukan secara terorganisasi dengan pembagian
tugas yang jelas dan spesifik antardivisi yang terdapat di
lingkungan institusi. Kondisi ini memberikan gambaran bahwa
515