Page 523 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 523

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH




                  Apabila sistem organisasi  seperti yang dikemukakan oleh
           Kaye  dan  Rumble  digunakan,  maka  kualitas  harus  terjadi  pada
           keseluruhan  sistem.   Kualitas  pada  satu  subsistem  akan
           berdampak  pada  kualitas  pada  subsistem  yang  lain.   Dengan
           demikian,  kualitas  dalam  PT  JJ  merupakan  sebuah  totalitas  yang
           tidak  dapat  dipisahkan.   Sebagai  sebuah  sistem  yang  utuh,
           kualitas  dalam  PT JJ  harus dilihat secara  utuh  pula,  yaitu  meliputi
           filosofi,  proses, dan produk PT JJ itu sendiri (COL,  1997)
                   Ruang  lingkup  penilaian  kualitas  pada  PT  JJ  juga
           dikemukakan  oleh  Quality  Assurance  Agency  for  Higher
           Education  (QAA)  di  lnggris.  QAA melihat ada  empat (4)  dimensi
           yang sangat umum muncul dalam setiap SPJJ  yaitu
           1)  pembelajaran  berbasis bahan ajar,  dimensi ini mengacu pada
               bahan  ajar  yang  sengaja  dibuat  dan  disediakan  untuk
               dipelaJari mahasiswa,
           2)  komponen  program  yang  disampaikan  oleh  guru  keliling,
               dimensi ini mengacu pada penyediaan atau pengiriman dosen
               atau tutor ke lokasi tempat tinggal mahasiswa secara periodik,
           3)  belajar yang  dibantu secara lokal, dimensi ini  meliputi layanan
               atau  bantuan belajar secara lokal, dan
           4)  belajar yang  dibantu  oleh  lembaga  pendidikan  yang  jauh  dari
               mahasiswa,  dimensi  ini  berkaitan  dengan  pemberian  bantuan
               dan  layanan  belajar  dari  institusi  kepada  mahasiswa  secara
               jarak  jauh  yang  meliputi  tutorial  melalui  audio-video  kaset,
               telepon,  fax,  email,  internet,  video-computer  conferencing
               (QAA,   2000)   Keempat  dimensi  tersebut  merupakan
               komponen  umum  dalam    SPJJ  yang  memiliki  nama  atau
               sebutan  berbeda  dari  satu  lembaga  ke  lembaga  yang  lain
               Dimensi  yang  bersifat  generik  ini  dapat  menjadi  acuan
               mengenai  kualitas  apa  yang  perlu  dievaluasi,  dikaji  dalam
               SPJJ.  Berdasarkan  keempat  dimensi  tersebut,  QAA  lnggris
               telah  menerbitkan  rambu-rambu  acuan  untuk  pelaksanaan



                                                                   519
   518   519   520   521   522   523   524   525   526   527   528