Page 523 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 523
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
Apabila sistem organisasi seperti yang dikemukakan oleh
Kaye dan Rumble digunakan, maka kualitas harus terjadi pada
keseluruhan sistem. Kualitas pada satu subsistem akan
berdampak pada kualitas pada subsistem yang lain. Dengan
demikian, kualitas dalam PT JJ merupakan sebuah totalitas yang
tidak dapat dipisahkan. Sebagai sebuah sistem yang utuh,
kualitas dalam PT JJ harus dilihat secara utuh pula, yaitu meliputi
filosofi, proses, dan produk PT JJ itu sendiri (COL, 1997)
Ruang lingkup penilaian kualitas pada PT JJ juga
dikemukakan oleh Quality Assurance Agency for Higher
Education (QAA) di lnggris. QAA melihat ada empat (4) dimensi
yang sangat umum muncul dalam setiap SPJJ yaitu
1) pembelajaran berbasis bahan ajar, dimensi ini mengacu pada
bahan ajar yang sengaja dibuat dan disediakan untuk
dipelaJari mahasiswa,
2) komponen program yang disampaikan oleh guru keliling,
dimensi ini mengacu pada penyediaan atau pengiriman dosen
atau tutor ke lokasi tempat tinggal mahasiswa secara periodik,
3) belajar yang dibantu secara lokal, dimensi ini meliputi layanan
atau bantuan belajar secara lokal, dan
4) belajar yang dibantu oleh lembaga pendidikan yang jauh dari
mahasiswa, dimensi ini berkaitan dengan pemberian bantuan
dan layanan belajar dari institusi kepada mahasiswa secara
jarak jauh yang meliputi tutorial melalui audio-video kaset,
telepon, fax, email, internet, video-computer conferencing
(QAA, 2000) Keempat dimensi tersebut merupakan
komponen umum dalam SPJJ yang memiliki nama atau
sebutan berbeda dari satu lembaga ke lembaga yang lain
Dimensi yang bersifat generik ini dapat menjadi acuan
mengenai kualitas apa yang perlu dievaluasi, dikaji dalam
SPJJ. Berdasarkan keempat dimensi tersebut, QAA lnggris
telah menerbitkan rambu-rambu acuan untuk pelaksanaan
519