Page 525 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 525

PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH



           ketiga tujuan penjaminan  kualitas tersebut adalah  penyelenggara-
           an kegiatan lembaga secara internal.
                   Penerapan   sistem  jaminan   kualitas   dalam   dunia
           pendidikan  selayaknya  mendapat  perhatian.   Dengan  semakin
           meningkatnya  tuntutan  masyarakat  akan  kualitas   pendidikan
           serta  persaingan  yang  ketat  dalam  penawaran  program
           pendidikan,  banyak lembaga pendidikan  merasa perlu  menilai diri
           dan  menetapkan  standar  kualitas.  Kebutuhan  ini  lebih  nyata
           dirasakan  oleh  PT JJ  mengingat  hakikat  penyelenggaraannya
           lebih menyerupai industri dan jasa.
                  Penerapan  sistem  jaminan  kualitas  dalam  suatu  institusi
           bukan  merupakan  hal  yang  mudah  dan  tidak  dapat  dilakukan
           secara  cepat.  Untuk  dapat  menerapkan  sistem Jaminan  kualitas
           diperlukan  perencanaan  yang  matang  dan  dengan  penjadwalan
           berdasarkan prioritas  Dalam sebuah lembaga,  penerapan sistem
           jaminan  kualitas  tidak  dapat  dilakukan  secara  menyeluruh  pada
           saat  yang  bersamaan.   Lembaga  harus  memberikan  prioritas
           pada  bagian-bagian  tertentu  atau  elemen  tertentu  yang  akan
           diupayakan  menerapkan  sistem  jaminan  kualitas  terlebih  dahulu
           Bagaimanakah  penerapan  sistem  jaminan  kualitas  pada  sebuah
           lembaga?  Pada  umumnya,  penerapan  sistem  jaminan  kualitas
           mengikuti  kerangka  acuan  tertentu   Penerapan  sistem  jaminan
           kualitas  pad a  lembaga  PT JJ  dapat  mengacu  pad a  beberapa
           kerangka acuan yang telah dikembangkan.
                  Badan  dunia  standar ISO  (International  Organisation  for
           Standardisation)  diperkenalkan  pada  tahun  1987  Badan  ini
           merupakan  salah  satu  badan  yang  meluncurkan  standar  sistem
           manajemen kualitas yang  pada mulanya banyak digunakan dalam
           industri bisnis dan jasa  Ternyata standar ini dapat pula digunakan
           dalam dunia pendidikan yang dapat dikategorikan sebagai industn
           jasa.   ISO  9000,  misalnya  ISO  yang  ditujukan  untuk  Jaminan
           kualitas  kelembagaan,  telah  digunakan  oleh  350.000  organisasi



                                                                   521
   520   521   522   523   524   525   526   527   528   529   530