Page 529 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 529

PENDIDIKAN TINGGI  )ARAK )AUH



          Council  for Distance  Education  (ICDE)  juga  telah  mengembang-
          kan  kerangka  acuan  untuk  menentukan  standar  kualitas  dan
          meningkatkan  kualitas  PT  JJ  pada  tingkat  intersational.   Pada
          tahun  2003,  ICDE  meluncurkan  ICDE  Standards  Agency  (ISA)
          yang  bertujuan  membantu  meningkatkan  kualitas  penyelenggara-
          an  program  pendidikan jarak jauh  melalui akreditasi  internasional
          dan  audit  kualitas.  Audit  kualitas  ISA  lebih  difokuskan  pada
          pelayanan  lembaga  PT  JJ  kepada  mahasiswanya.  Apabila  QAA
          telah  mengembangkan  acuan  QA  untuk  dimanfaatkan  di  institusi
          PT  JJ di  lnggris,  AAOU telah  mengembangkan kerangka kerja QA
          framework  di  lingkungan  Asia  sedangkan  kerangka  kerja  QA
          framework  dari  ICDE  dapat  menjadi  standar  jaminan  kualitas
          secara  lebih  luas  dan  mendunia.   Dengan  demikian  lembaga
          PT  JJ  di  luar  AAOU  akan  lebih  terarah  untuk  menjadikannya
          sebagai standar yang lebih universal.
                 Setidaknya  bagi  lembaga  PT  JJ,  ada  tiga  pilihan  sistem
          jaminan  kualitas  yang  langsung  terfokus  pada  lembaga  PT  JJ,
          yaitu:  1)  kerangka  acuan  QA  dari  QAA,  2)  kerangka  acuan  QA
          dari  AAOU,  dan  3)  kerangka  acuan  QA dari  ICDE,  dan  ditambah
          lagi dengan  ISO 9000.  Penentuan  pilihan kerangka acuan sistem
          jaminan  kualitas  mana  yang  akan  digunakan,  tentu  tergantung
          pada pertimbangan dan kebijakan masing-masing lembaga.


          G.  Penerapan Sistem Jaminan Kualitas pada
              Lembaga Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
                 Penerapan jaminan  kualitas  mengubah  secara  mendasar
          praktek  pengelolaan  yang   selama  ini  berlangsung.  Ada
          kecenderungan  umum  bagi  sebagian  staf  untuk  menolak
          perubahan,  terutama  bila  perubahan  itu  menyangkut  pekerjaan
          mereka.  Upaya  peningkatan  kualitas  memerlukan  komitmen
          waktu,  usaha,  dan  sumber daya  yang  besar.  Penerapan  jaminan



                                                                  525
   524   525   526   527   528   529   530   531   532   533   534