Page 532 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 532
Padmo, Sistem jaminan Kualitas pada ....
c. pelaksanaan perbaikan dan pencegahan untuk
peningkatan mutu;
d. laporan hasil audit dalam forum tinjauan manajemen.
J. Tahap sertifikasi.
Dengan tahapan penerapan sistem jarr:inan kualitas
~.;:-scbut, terlihat bahwa penerapan sistem jaminan kualitas
Mernerlukan waktu dan usaha yang tidak sed1ht dari seluruh
p1hak di institusi, baik pihak pimpinan maupt;n stat Upaya
melaksanakan sistem jaminan kualitas bukan merupakan usaha
vang dapat dilakukan dalam sekali gebrakan, tetapi merupakan
:.;:oses yang berjalan tahap demi tahap, secara sistematik,
berkelanjutan, dan konsisten. Untuk itu diperlukan kondisi
t'".ndukung yang perlu dikembangkan sebelum dan selama
;mplem£:1tasi sistem. Penerapan sistem jaminan kualitas harus
uldukLmg oleh semua pihak secara bersama-sama dalam institusi
dan menJadi bagian integral dalam kegiatan operasional dalam
'llstitusi PT JJ Sikap positif seluruh jaJaran staf terhadap sistem in1
rnenjadt kondisi utama. Namun pada umumnya, pada awal
penerapan sistem jaminan kualitas, seringkali muncul sikap
~·0gatif yang diakibatkan oleh kekurangpahaman terhadap sistem
Jaminan kualitas. Untuk itu proses sosialisasi yang intensif
,.,.,~ngenai sistem jaminan kualitas perlu dilakukan. Pada sisi lain,
d"J sebagian individu dalam institusi yang memiliki sikap yang
elaiu tngin mencari dan mengupayakan kondisi unggu/. Sikap
·Jerti ini sangat mendukung pelaksanaan sistem jaminan
- .a1:~3s. Sebaliknya, individu-individu dalam institusi yang
n.:;;niiil:i sikap yang cepat puas diri dan asal-asa/an akan menilai
<;•stem ini tidal< perlu, karena semua tugas dianggap sudah
Lerjalan dengan baik. Pada kondisi inilah sosialisasi, pelatihan,
'!an perbaikan harus terus-menerus diupayakan Walaupun
~'enerapan sistem jaminan kualitas memakan waktu yang lama,
.~28