Page 532 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 532

Padmo,  Sistem  jaminan Kualitas pada  ....



            c.  pelaksanaan   perbaikan   dan   pencegahan     untuk
                peningkatan mutu;
            d.  laporan hasil audit dalam forum tinjauan manajemen.
         J.  Tahap sertifikasi.

                Dengan  tahapan  penerapan  sistem  jarr:inan  kualitas
         ~.;:-scbut,  terlihat  bahwa  penerapan  sistem  jaminan  kualitas
        Mernerlukan  waktu  dan  usaha  yang  tidak  sed1ht  dari  seluruh
         p1hak  di  institusi,  baik  pihak  pimpinan  maupt;n  stat  Upaya
        melaksanakan  sistem  jaminan  kualitas  bukan  merupakan  usaha
        vang  dapat  dilakukan  dalam  sekali  gebrakan,  tetapi  merupakan
        :.;:oses  yang  berjalan  tahap  demi  tahap,  secara  sistematik,
        berkelanjutan,  dan  konsisten.  Untuk  itu  diperlukan  kondisi
        t'".ndukung  yang  perlu  dikembangkan  sebelum  dan  selama
        ;mplem£:1tasi  sistem.  Penerapan  sistem  jaminan  kualitas  harus
        uldukLmg  oleh  semua  pihak secara bersama-sama  dalam institusi
        dan  menJadi  bagian  integral  dalam  kegiatan  operasional  dalam
         'llstitusi PT JJ  Sikap positif seluruh jaJaran staf terhadap sistem in1
        rnenjadt  kondisi  utama.  Namun  pada  umumnya,  pada  awal
        penerapan  sistem  jaminan  kualitas,  seringkali  muncul  sikap
        ~·0gatif yang  diakibatkan  oleh  kekurangpahaman  terhadap sistem
        Jaminan  kualitas.   Untuk  itu  proses  sosialisasi  yang  intensif
        ,.,.,~ngenai sistem jaminan  kualitas  perlu  dilakukan.  Pada  sisi  lain,
          d"J  sebagian  individu  dalam  institusi  yang  memiliki  sikap  yang
         elaiu  tngin  mencari  dan  mengupayakan  kondisi  unggu/.  Sikap
           ·Jerti  ini  sangat  mendukung   pelaksanaan  sistem  jaminan
         - .a1:~3s.  Sebaliknya,  individu-individu  dalam  institusi  yang
        n.:;;niiil:i  sikap yang  cepat  puas  diri  dan  asal-asa/an  akan  menilai
        <;•stem  ini  tidal<  perlu,  karena  semua  tugas  dianggap  sudah
        Lerjalan  dengan  baik.  Pada  kondisi  inilah  sosialisasi,  pelatihan,
        '!an  perbaikan  harus  terus-menerus  diupayakan   Walaupun
        ~'enerapan sistem  jaminan  kualitas  memakan  waktu  yang  lama,



        .~28
   527   528   529   530   531   532   533   534   535   536   537