Page 527 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 527

PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH



           telah  ditetapkan serta  kualitas  keluarannya.  Struktur Acuan  QA -
           QAA terdiri dari enam kelompok,  yaitu:
            1.  sistem desain;
           2.  program desain,  persetujuan dan review;
           3.  manajemen penyampaian program;
           4.  pengembangan dan  bantuan  peserta didik;
           5.  komunikasi dan representasi peserta didik;
           6.  penilaian peserta didik

                   Setiap  komponen  selalu  didahului  oleh  aturan  yang
           generik  mengenai  komponen  terkait,  kemudian  dipaparkan
           kerangka  panduan  yang  lebih  rinci.  Keenam  komponen  pada
           pedoman  pelaksanaan  QA tersebut disusun  berdasarkan  prinsip-
           prinsip yang  secara luas digunakan pada pendidikan tinggi secara
           umum.  Sementara  rinciannya  sangat  terkait  langsung  dengan
           aktivitas yang terjadi pada SPJJ.
                   Asian  Association  of  Open  Universities  (AAOU)  - 2001
           telah  pula  mengembangkan  Quality  Assurance  (QA)  Framework
           sebagai  upaya  untuk  menentukan  standar  kualitas  dan
           meningkatkan  kualitas  PT  JJ  yang  diselenggarakan  oleh  anggota
           AAOU.  Sistem jaminan  kualitas  PTJJ  yang  dikembangkan  AAOU
           bersifat  generik  dan  universal  sehingga  dapat  diterapkan  pada
           lembaga  PT  JJ  mana  pun.  Pad a  dasarnya  kerangka  kerja  QA
           yang  dikembangkan  oleh  QAA  dan  AAOU  memiliki  kesamaan,
           karena  memang  didasarkan  pada  bahan  dasar yang  sama,  yaitu
           SPJJ.  Perbedaannya terletak pada struktur dan jumlah komponen
           yang diangkat  Sistem jaminan kualitas PT  JJ  dari AAOU  memiliki
           sembilan  komponen  yang  bersifat  terpadu  Pengelompokan  ke
           dalam  sembilan  komponen   ini  dilandasi  oleh  pemikiran  yang
           mencerminkan    kebutuhan   penyelenggaraan   PT  JJ   secara
           menyeluruh.  Pengelompokan tersebut adalah sebagai berikut





                                                                   523
   522   523   524   525   526   527   528   529   530   531   532