Page 527 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 527
PENDIDIKAN TINGGI ]ARAK ]AUH
telah ditetapkan serta kualitas keluarannya. Struktur Acuan QA -
QAA terdiri dari enam kelompok, yaitu:
1. sistem desain;
2. program desain, persetujuan dan review;
3. manajemen penyampaian program;
4. pengembangan dan bantuan peserta didik;
5. komunikasi dan representasi peserta didik;
6. penilaian peserta didik
Setiap komponen selalu didahului oleh aturan yang
generik mengenai komponen terkait, kemudian dipaparkan
kerangka panduan yang lebih rinci. Keenam komponen pada
pedoman pelaksanaan QA tersebut disusun berdasarkan prinsip-
prinsip yang secara luas digunakan pada pendidikan tinggi secara
umum. Sementara rinciannya sangat terkait langsung dengan
aktivitas yang terjadi pada SPJJ.
Asian Association of Open Universities (AAOU) - 2001
telah pula mengembangkan Quality Assurance (QA) Framework
sebagai upaya untuk menentukan standar kualitas dan
meningkatkan kualitas PT JJ yang diselenggarakan oleh anggota
AAOU. Sistem jaminan kualitas PTJJ yang dikembangkan AAOU
bersifat generik dan universal sehingga dapat diterapkan pada
lembaga PT JJ mana pun. Pad a dasarnya kerangka kerja QA
yang dikembangkan oleh QAA dan AAOU memiliki kesamaan,
karena memang didasarkan pada bahan dasar yang sama, yaitu
SPJJ. Perbedaannya terletak pada struktur dan jumlah komponen
yang diangkat Sistem jaminan kualitas PT JJ dari AAOU memiliki
sembilan komponen yang bersifat terpadu Pengelompokan ke
dalam sembilan komponen ini dilandasi oleh pemikiran yang
mencerminkan kebutuhan penyelenggaraan PT JJ secara
menyeluruh. Pengelompokan tersebut adalah sebagai berikut
523