Page 530 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 530
Padmo, Sistem )aminan Kualitas pad a ....
kualitas melibatkan seluruh lapisan dalam organisasi. Upaya ini
melibatkan seluruh staf dan sumber daya melalui arahan,
kepemimpinan, dan komitmen yang sungguh-sungguh untuk
mencapai kualitas yang dikehendaki mahasiswa dan pihak yang
berkepentingan. Semua upaya ini dilakukan untuk mencapai visi
dan misi institusi yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan
peserta didik jarak jauh.
Penerapan jaminan kualitas dalam sebuah institusi tidak
mudah dan membutuhkan waktu yang lama seperti yang
digambarkan oleh Knatterud dkk (1998, hal 476) melalui fitur
utama penerapan rencana jaminan kualitas. Langkah-langkah
penerapan jaminan kualitas menurut Knatterud dkk dibagi dalam
tiga tahapan utama yaitu: tahapan preventif, tahapan
penelusuran, dan tahapan, aksi. Rincian tahapan adalah sebagai
berikut
1. Tahapan preventif
a. penulisan pedoman prosedur;
b. pengumpulan data terbatas pada hal-hal yang esensial;
c. pretes format dan prosedur;
d komitmen dari pemeriksa untuk mengikuti tata cara
pemeriksaan;
e. pelatihan untuk pemeriksa;
f perencanaan kunjungan ke lokasi;
g. pendefinisian program kontrol kualitas;
h. perubahan dokumentasi.
2. Tahapan penemuan
a. monitor data;
b. kunjungan ke lokasi;
c pencatatan hasil audit;
d penyusunan laporan monitoring;
e investigasi statistik;
526