Page 530 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 530

Padmo,  Sistem )aminan Kualitas pad a ....



        kualitas  melibatkan  seluruh  lapisan  dalam  organisasi.  Upaya  ini
        melibatkan  seluruh  staf  dan  sumber  daya  melalui  arahan,
        kepemimpinan,  dan  komitmen  yang  sungguh-sungguh  untuk
        mencapai  kualitas  yang  dikehendaki  mahasiswa  dan  pihak  yang
        berkepentingan.  Semua  upaya  ini  dilakukan  untuk  mencapai  visi
        dan  misi  institusi  yang  berfokus  pada  pemenuhan  kebutuhan
        peserta didik jarak jauh.
               Penerapan  jaminan  kualitas  dalam  sebuah  institusi  tidak
        mudah  dan  membutuhkan  waktu  yang  lama  seperti  yang
        digambarkan  oleh  Knatterud  dkk  (1998,  hal  476)  melalui  fitur
        utama  penerapan  rencana  jaminan  kualitas.   Langkah-langkah
        penerapan  jaminan  kualitas  menurut  Knatterud  dkk dibagi  dalam
        tiga   tahapan   utama   yaitu:   tahapan   preventif,   tahapan
        penelusuran, dan tahapan,  aksi.  Rincian tahapan adalah sebagai
        berikut
        1.  Tahapan preventif
            a.  penulisan pedoman prosedur;
            b.  pengumpulan data terbatas pada hal-hal yang  esensial;
            c.  pretes format dan prosedur;
            d   komitmen  dari  pemeriksa  untuk  mengikuti  tata  cara
               pemeriksaan;
            e.  pelatihan untuk pemeriksa;
            f   perencanaan kunjungan ke lokasi;
            g.  pendefinisian program kontrol kualitas;
            h.  perubahan dokumentasi.
        2.  Tahapan penemuan
            a.  monitor data;
            b.  kunjungan ke lokasi;
            c   pencatatan hasil audit;
            d  penyusunan laporan monitoring;
            e  investigasi statistik;





        526
   525   526   527   528   529   530   531   532   533   534   535