Page 524 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 524

Padmo,  Sistem Jaminan  Kualitas pada  ....



           jaminan  kualitas  pada  institusi  PT JJ  yang  berada  di  lnggris,
           tetapi  tidak  berarti  acuan  tersebut  tidak  dapat  diterapkan  di
           institusi PT JJ di negara-negara lain.



       F.  Sistem Jaminan Kualitas dalam PT JJ
              Dalam  era  globalisasi,  tuntutan  masyarakat akan  kualitas
       pendidikan  tinggi  menjadi  semakin  meningkat.   Bagaimanakah
       bentuk  kontrol  dan  penjaminan  terhadap  kualitas  pada  sistem
       PT JJ?  Dengan  sistem  industrialisasi  pad a hampir seluruh  proses
       penyelenggaraannya,  seperti  proses  produksi  dan  distribusi
       bahan  ajar,  registrasi  dan  ujian,  kontrol  dan  penjaminan  terhadap
       kualitas  pada  setiap  kegiatan  menjadi  sangat  penting   Tanpa
       adanya  kontrol  dan  penjaminan  kualitas  pada  setiap  tahapan
       kegiatan  niscaya  kualitas  secara  total  penyelenggaraan  sistem
       PT JJ  mulai  dari  masukan,  proses,  dan  keluaran   akan  sulit
       diwujudkan.   Bagaimanakah  bentuk  kontrol  dan  penjaminan
       terhadap  kualitas  pada  lembaga  penyelenggara  sistem  PT JJ?
       Apakah  kontrol  terhadap  penjaminan  kualitas  secara  internal
       dalam  lingkungan  lembaga  dirasakan  cukup,  atau  perlukah
       adanya kontrol terhadap jaminan kualitas secara eksternal? Yorke
       ( 1999)  mengemukakan  beberapa  tujuan  jaminan  kualitas  di  luar
       lembaga  pada  lembaga  pendidikan  tinggi,  yaitu   (1)  upaya
       penyed1aan   informasi  kepada   publik  dan   mereka   yang
       berkepentingan  dengan  lembaga  terkait  mengenai  kualitas  dan
       standar,  (2)  pemberian  kredibilitas  terhadap  diploma  serta
       penerima diploma,  (3) meyakinkan para pengguna bahwa mereka
       telah  melakukan  sebuah  investasi  yang  berharga  dengan
       mengikuti  program  yang  ditawarkan  oleh  perguruan  tinggi.
       Tujuan  jaminan  kualitas  tersebut  tentu  saja  merupakan  suatu
       dampak  positif  yang  memberikan  nama  baik  bagi  lembaga  di
       hadapan  masyarakat,  tetapi  yang  lebih  penting  dari  pencapaian



       520
   519   520   521   522   523   524   525   526   527   528   529