Page 520 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 520

Padmo,  Sistem  Jaminan  Kualitas pad a ....



            SPJJ  menerapkan prinsip-prinsip industrialisasi.  Karakteristik
            ini  pula  yang  membedakan  perencanaan,  penyelenggaraan
            dan  pengelolaan antara SPJJ dengan tatap muka.

               Karakteristik-karakteristik yang dimiliki oleh  lembaga PT  JJ
        tersebut  memperlihatkan  perbedaan  yang  signifikan  dengan
        praktek  penyelenggaraan  pendidikan  tatap  muka.   Praktek
        penyelenggaraan  I  em bag a  PT JJ  lebih  mendekati  praktek  dunia
        mdustri.  lndustrialisasi  dalam  sistem  PT JJ  terlihat  dalam  proses
        pengembangan,    pengadaan,    dan   pendistribusian   bahan
        pembelajaran  dan  ujian.  Mekanisme  kerja  industri  dalam  sistem
        PT JJ  terlihat dari hal pembagian  kerja  yang  san gat jelas,  kegiatan
        perakitan,  produksi  bahan  ajar  dan  produk  pendukung  belajar
        secara  masal,  persiapan  kerja,  berorientasi  pada  tujuan,  serta
        adanya  bentuk-bentuk  kegiatan  secara  terkonsentrasi  dan
        tersentralisasi (Peters,  1994)
               Dengan  karakteristik  yang  melekat  pad a  sistem  PT JJ,
        maka     penyelenggaraan    sistem   PT JJ   memungkinkan
        keikutsertaan  peserta  didik  dalam  jumlah  besar  secara  serentak
        tanpa  dibatasi  oleh  jarak,  ruang.  pekerjaan,  dan  sebagainya.
        Demikian  pula  s1stem  organisasi  PT JJ  berbeda  dengan  sistem
        pendidikan  tatap  muka.  Peranan  teknologi  dan  perencanaan
        menjadi  sangat  pentmg  dalam  keberhasilan  penyelenggaraan
        institusi pendidikan jarak jauh.  Sesuai  dengan karakteristik  umum
        yang  dimilikinya,  yaitu  menjalankan  praktek  industrialisasi
        pendidikan,   maka    dalam    proses   penyelenggaraannya
        membutuhkan  beragam  keterampilan,    keahlian,   dan  jasa
        pelayanan   Kompleksitas  dalam  penyelenggaraan  sistem  PT  JJ
        tidak  memungkinkan  lembaga  penyelenggara  PT JJ  bertindak
        sendiri,  tetapi  sangat  bergantung  pada  kemitraan  dan  jaringan
        baik pada tingkat nasional,  regional,  maupun global.  Pada  hampir
        seluruh  proses  kegiatan  mulai  dari  pengembangan  bahan  ajar,



        516
   515   516   517   518   519   520   521   522   523   524   525