Page 520 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 520
Padmo, Sistem Jaminan Kualitas pad a ....
SPJJ menerapkan prinsip-prinsip industrialisasi. Karakteristik
ini pula yang membedakan perencanaan, penyelenggaraan
dan pengelolaan antara SPJJ dengan tatap muka.
Karakteristik-karakteristik yang dimiliki oleh lembaga PT JJ
tersebut memperlihatkan perbedaan yang signifikan dengan
praktek penyelenggaraan pendidikan tatap muka. Praktek
penyelenggaraan I em bag a PT JJ lebih mendekati praktek dunia
mdustri. lndustrialisasi dalam sistem PT JJ terlihat dalam proses
pengembangan, pengadaan, dan pendistribusian bahan
pembelajaran dan ujian. Mekanisme kerja industri dalam sistem
PT JJ terlihat dari hal pembagian kerja yang san gat jelas, kegiatan
perakitan, produksi bahan ajar dan produk pendukung belajar
secara masal, persiapan kerja, berorientasi pada tujuan, serta
adanya bentuk-bentuk kegiatan secara terkonsentrasi dan
tersentralisasi (Peters, 1994)
Dengan karakteristik yang melekat pad a sistem PT JJ,
maka penyelenggaraan sistem PT JJ memungkinkan
keikutsertaan peserta didik dalam jumlah besar secara serentak
tanpa dibatasi oleh jarak, ruang. pekerjaan, dan sebagainya.
Demikian pula s1stem organisasi PT JJ berbeda dengan sistem
pendidikan tatap muka. Peranan teknologi dan perencanaan
menjadi sangat pentmg dalam keberhasilan penyelenggaraan
institusi pendidikan jarak jauh. Sesuai dengan karakteristik umum
yang dimilikinya, yaitu menjalankan praktek industrialisasi
pendidikan, maka dalam proses penyelenggaraannya
membutuhkan beragam keterampilan, keahlian, dan jasa
pelayanan Kompleksitas dalam penyelenggaraan sistem PT JJ
tidak memungkinkan lembaga penyelenggara PT JJ bertindak
sendiri, tetapi sangat bergantung pada kemitraan dan jaringan
baik pada tingkat nasional, regional, maupun global. Pada hampir
seluruh proses kegiatan mulai dari pengembangan bahan ajar,
516