Page 515 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 515

PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH



          (1993)  indikator  memberikan  informasi  mengenai  aktivitas  yang
          dilakukan   oleh   lembaga.   lndikator   menampilkan   tingkat
          pelaksanaan  suatu  kegiatan  pada  institusi  tertentu  dan  pada
          waktu  tertentu  pula.  Tahap  ketiga  dalam  proses jaminan  kualitas
          adalah  pengumpulan  data  kegiatan  melalui  kegiatan  monitoring,
          penilaian,  serta  perumusan  laporan  kegiatan  monitoring  dan
          penilaian  dalam  bentuk  rekomendasi.    Selanjutnya,  hasil
          monitoring dan  penilaian  akan diolah dan dianalisis pada tahapan
          berikutnya,  yaitu  tahap keempat.  Pada tahap  ini akan dirumuskan
          hasil  analisis  yang  dapat  menunJukkan  kekuatan  ataupun
          kelemahan  institusi,  program  atau  mata  kuliah   Berdasarkan
          analisis  tersebut,  maka   dilakukan  penyusunan  rencana
          perbaikan/peningkatan  kualitas  serta  pelaksanaan  rencana
          perbaikan.  Tahap  terakhir dalam  proses  jaminan  kualitas  adalah
          evaluasi  dari  implementasi  rencana  perbaikan/peningkatan
          kualitas.
                 Dalam  siklus  proses  jaminan  kualitas  yang  dikemukakan
          oleh  Segers dan  Dochy tersebut,  setidaknya  terlihat tiga  tahapan
          penting  yaitu:  1)  tahapan  kegiatan  monitoring,  2)  kegiatan
          pengukuran  atau  penilaian,  dan  3)  kegiatan  perbaikan.  Ketiga
          tahapan  ini  harus  selalu  muncul  dalam  setiap  proses  jaminan
          kualitas.  Kegiatan  monitoring  bertujuan  untuk  meningkatkan
          kualitas  selama proses berlangsung.  Kegiatan  ini juga diharapkan
          dapat  memberikan  peringatan  awal  terhadap  suatu  kekurangan,
          baik  yang  dapat diobservasi atau  yang  muncul pada awal  proses.
          Tahapan  penting  lain  yang  harus  muncul  dalam  proses  jaminan
          kualitas  adalah  pengukuran  atau  penilaian.  Tahap  ini  merujuk
          pada  kegiatan  pengumpulan  data,  bukti  yang  dikaitkan  dengan
          indikator  yang  telah  ditetapkan  sebelumnya.  Dalam  penerapan
          sistem  jaminan  kualitas  yang  dikembangkan  oleh  siapa  pun  dan
          lembaga  pengembangan  sistem  jaminan  kualitas  mana  pun,
          ketiga tahapan tersebut akan selalu muncul dan harus dilalui.



                                                                  511
   510   511   512   513   514   515   516   517   518   519   520