Page 515 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 515
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
(1993) indikator memberikan informasi mengenai aktivitas yang
dilakukan oleh lembaga. lndikator menampilkan tingkat
pelaksanaan suatu kegiatan pada institusi tertentu dan pada
waktu tertentu pula. Tahap ketiga dalam proses jaminan kualitas
adalah pengumpulan data kegiatan melalui kegiatan monitoring,
penilaian, serta perumusan laporan kegiatan monitoring dan
penilaian dalam bentuk rekomendasi. Selanjutnya, hasil
monitoring dan penilaian akan diolah dan dianalisis pada tahapan
berikutnya, yaitu tahap keempat. Pada tahap ini akan dirumuskan
hasil analisis yang dapat menunJukkan kekuatan ataupun
kelemahan institusi, program atau mata kuliah Berdasarkan
analisis tersebut, maka dilakukan penyusunan rencana
perbaikan/peningkatan kualitas serta pelaksanaan rencana
perbaikan. Tahap terakhir dalam proses jaminan kualitas adalah
evaluasi dari implementasi rencana perbaikan/peningkatan
kualitas.
Dalam siklus proses jaminan kualitas yang dikemukakan
oleh Segers dan Dochy tersebut, setidaknya terlihat tiga tahapan
penting yaitu: 1) tahapan kegiatan monitoring, 2) kegiatan
pengukuran atau penilaian, dan 3) kegiatan perbaikan. Ketiga
tahapan ini harus selalu muncul dalam setiap proses jaminan
kualitas. Kegiatan monitoring bertujuan untuk meningkatkan
kualitas selama proses berlangsung. Kegiatan ini juga diharapkan
dapat memberikan peringatan awal terhadap suatu kekurangan,
baik yang dapat diobservasi atau yang muncul pada awal proses.
Tahapan penting lain yang harus muncul dalam proses jaminan
kualitas adalah pengukuran atau penilaian. Tahap ini merujuk
pada kegiatan pengumpulan data, bukti yang dikaitkan dengan
indikator yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam penerapan
sistem jaminan kualitas yang dikembangkan oleh siapa pun dan
lembaga pengembangan sistem jaminan kualitas mana pun,
ketiga tahapan tersebut akan selalu muncul dan harus dilalui.
511