Page 513 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 513
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
(1994) me11gartikan jaminan kualitas sebaga1 upaya pembenan
gararsi pada lembaga, perkuliahan dan lulusan untuk mencapai
standar tertentu. CHEA (Council for Highen Education
Accreditation) (2001) dalam glossary untuk International Quality
Review rnendefinis1kan jaminan kualitas sebagai perencanaan
dan penelaahan yang sistematik sebuah lembaga atau program
untuk menentukan apakah standar yang telah ditetapkan baik
untuk pendidikan, beasiswa, dan infrastruktur dapat dijaga dan
ditingkatk2n. Definisi-definisi tentang jaminan kualitas hanya
merupakan bagian kecil dan gambaran utuh sistem jaminan
kualitas Menu rut Brablan (2001) selain pemahaman mengenai
definisi jaminan kualitas, hal lain yang penting untuk dicermati
dalam sistem jaminan kualitas adalah mengenai "ramuannya"-
racikan sistem jaminan kualitas. Ramuan penting tersebut adalah
pengakuan, keterbukaan, dan kepercayaan Ketiga hal tersebut
penting sekali untuk dimiliki oleh setiap individu dalam lembaga
yang menerapkan sistem Jam1nan kualitas Apabila ketiga hal
tersebut tidak dimiliki, maka penerapan sistem Jaminan kualitas
akan rnenimbulkan rasa takut, hubungan yang tidak sehat. dan
kerja sama yang tldak baik antara penila1 dan yang dinilai.
Dengan sikap negatif yang diiT'unculkan, penerapan jaminan
kualitas tidak produkt1f.
lmplementas1 sistem jaminan yang efektif menurut Jesse
( 1984) harus terdiri dari tiga komponen yang salmg terkait yaitu:
monitoring, pengukuran dan peningkatan kualitas. Keberhasilan
sistem jamman kualitas sangat ditentukan oleh bagaimana tiap
tahapan da:am siklus jaminan kualitas dapat dijalankan. Segers
dan Dochy ( 1996) mengusulkan siklus jaminan kualitas seperti
terlihat pada gambar 1
509