Page 508 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 508
Padmo, Sistem Jaminan Kualitas pad a ....
layaknya perguruan tinggi tatap muka, harus dapat membuktikan
peranannya sebagai suatu organisasi belajar. Sebagai
organisasi belajar, ialah institusi PT JJ harus mampu "membaca,
menganalisa, menerima, serta berlaku aktif dan berinteraksi
cie'lgan lingkungannya" (Duke, 1997). Salah satu upaya
rnenciptakan kondisi sebagai organisasi belajar ialah lembaga
PT JJ harus menjaga standar pelayanan pada tingkat tertentu
secara konsisten dan terintegrasi Hal tersebut dapat dilakukan,
bi!a sistem jaminan kualitas dapat diterapkan. Dengan standar
pelayanan yang konsisten, tidak berarti bahwa lembaga PT JJ
akan terus menggunakan standar yang sama. Dengan semangat
prinsip organisasi belajar, maka stnndar pelayanan akan dapat
berubah ke arah yang lebih meningkat, sejalan dengan peran aktif
dan interaksinya dengan lingkungan. Dengan demikian tidak
akan pernah terjadi penggunaan suatu standar layanan yang
sama sepanjang masa.
Kemampuan lembaga PT JJ untuk menerapkan jaminan
kualitas merupakan sebuah pendekatan yang sangat realistis
dalam upaya menyediakan pendidikan yang profesional. Apa dan
bagaimana penerapan jaminan kualitas dalam PT JJ merupakan
bahasan yang menarik untuk didisk~sikan secara lebih
mendalam.
B. Pengertian Kualitas
Dalam dunia pendidikan termasuk pendidikan tinggi,
sepe11i halnya bidang-bidang lain dalam kehidupan, kualitas
rr1erupakan isu yang yang sangat penting bag1 mahasiswa,
orangtua, pegawai, peneliti, staf akademik, industri, dan JUga
peme; intah Am erika dan Eropa Barat pada masa sepuluh tahun
terakhir ini telah mencapai kemajuan yang cukup berarti dalam
hal penerapan kualitas pada pendidikan tinggi. Arnerika Serikat
504