Page 508 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 508

Padmo,  Sistem Jaminan  Kualitas pad a ....



         layaknya  perguruan  tinggi  tatap  muka,  harus dapat  membuktikan
         peranannya  sebagai  suatu  organisasi   belajar.   Sebagai
         organisasi  belajar,  ialah  institusi  PT JJ  harus  mampu  "membaca,
         menganalisa,  menerima,  serta  berlaku  aktif  dan  berinteraksi
         cie'lgan  lingkungannya"  (Duke,  1997).   Salah  satu  upaya
         rnenciptakan  kondisi  sebagai  organisasi  belajar  ialah  lembaga
         PT JJ  harus  menjaga  standar  pelayanan  pada  tingkat  tertentu
         secara  konsisten  dan  terintegrasi  Hal  tersebut  dapat  dilakukan,
         bi!a  sistem  jaminan  kualitas  dapat  diterapkan.  Dengan  standar
         pelayanan  yang  konsisten,  tidak  berarti  bahwa  lembaga  PT  JJ
         akan terus menggunakan standar yang  sama.  Dengan semangat
         prinsip  organisasi  belajar,  maka  stnndar  pelayanan  akan  dapat
         berubah ke arah yang  lebih meningkat,  sejalan dengan peran aktif
         dan  interaksinya  dengan  lingkungan.   Dengan  demikian  tidak
         akan  pernah  terjadi  penggunaan  suatu  standar  layanan  yang
         sama sepanjang masa.
                Kemampuan  lembaga  PT  JJ  untuk  menerapkan  jaminan
         kualitas  merupakan  sebuah  pendekatan  yang  sangat  realistis
         dalam upaya menyediakan pendidikan yang  profesional.  Apa dan
         bagaimana  penerapan  jaminan  kualitas  dalam  PT JJ  merupakan
         bahasan   yang   menarik  untuk   didisk~sikan  secara   lebih
         mendalam.


         B.  Pengertian Kualitas
                 Dalam  dunia  pendidikan  termasuk  pendidikan  tinggi,
         sepe11i  halnya  bidang-bidang  lain  dalam  kehidupan,  kualitas
         rr1erupakan  isu  yang  yang  sangat  penting  bag1  mahasiswa,
         orangtua,  pegawai,  peneliti,  staf  akademik,  industri,  dan  JUga
         peme; intah  Am erika  dan  Eropa  Barat pada  masa  sepuluh  tahun
         terakhir  ini  telah  mencapai  kemajuan  yang  cukup  berarti  dalam
         hal  penerapan  kualitas  pada  pendidikan  tinggi.  Arnerika  Serikat



         504
   503   504   505   506   507   508   509   510   511   512   513