Page 511 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 511
PENDIDIKAN TINGGI )ARAK )AUH
mengemukakan misi atau tujuannya serta kemampuannya
mencapai tujuan tersebut secara efektif dan efisien. Yorke (1999)
mengemukakan bahwa kualitas dalam lembaga pendidikan pada
dasarnya dikaitkan dengan proses yang meliputi dua pertanyaan
penting, yaitu: (1) apakah proses pendidikan dapat memuaskan
bila ditinjau dari sisi peserta didik dan sisi pencapaian tujuan
program yang diharapkan? (2) Hal apa yang membuktikan
terjadinya proses pendidikan yang berperan dalam menghasilkan
keluaran yang unggul? Pertanyaan-pertanyaan tersebut
menyiratkan bahwa lembaga pendidikan harus mampu
menyediakan proses pendidikan yang sesuai dengan
keberagaman peserta didik, sehingga dapat mencapai keluaran
sesuai dengan standar yang telah diformulasikan. Dari
pertanyaan tersebut juga dapat terlihat bahwa apabila proses
pendidikan dapat dijalankan dengan standar kualitas yang unggul,
maka dapat diharapkan kesempatan peserta didik untuk berhasil
menjadi lebih meningkat.
Dari penjelasan sebelumnya mengenai kualitas terlihat
bahwa kualitas kerap kali disejajarkan dan dikaitkan dengan
standar. Bagaimana dan di manakah perbedaan keduanya?
Untuk dapat memperjelas pengertian keduanya maka penting
sekali membedakan penggunaan istilah kualitas dengan standar.
Pengertian kualitas telah dibahas sebelumnya, sementara
pengertian standar didefinisikan oleh Council for Higher Education
Accreditation (CHEC) sebagai tingkat persyaratan dan kondisi
tertentu yang harus dipenuhi oleh sebuah lembaga atau program
dalam memperoleh akreditasi atau jaminan kualitas (2001 ).
Kondisi-kondisi tersebut antara lain meliputi kualitas, pencapaian,
efektivitas, keluaran, dan kemampuan untuk bertahan. Sementara
Yorke (1999) mengemukakan bahwa standar sangat terkait
dengan dua pertanyaan berikut: ( 1) Apakah peserta didik akan
lulus dan memperoleh diplomanya bila dihadapkan pada kriteria
507