Page 510 - Pendidikan Tinggi Jarak Jauh
P. 510
Padmo, Sistem Jaminan Kualitas pada ....
1. Kinerja - mengacu pada bagaimana sebuah produk
menampilkan karakteristik utamanya
2. Sifat - mengacu pada tampilan/karakteristik produk sebagai
tambahan dari fungsi utama produk tersebut
3. Reliabilitas - mencerminkan kehandalan suatu produk dalam
kurun waktu tertentu
4. Kecocokan - tingkat ketepatan produk, baik dari desain
maupun penggunaannya terhadap standar yang telah
ditetapkan
5. Daya tahan - daya tahan suatu produk mulai dari awal
penggunaan sampai terjadinya kerusakan fisik dari produk
tersebut
6 Pelayanan - kecepatan, kesopanan dan kemampuan dalam
menyampaikan suatu produk
7 Estetika- bagaimana suatu produk terlihat, atau dirasakan
B. Kualitas yang diterima - persepsi terhadap produk yang
didasarkan pada citra dan promosi.
Kedelapan dimensi kualitas menurut Garvin tersebut
merupakan hal yang penting untuk diperhatikan dalam
mengembangkan kerangka acuan untuk mengevaluasi kualitas
suatu produk, proses atau layanan. Dimensi-dimensi kualitas
tersebut dapat mewakili unsur-unsur kualitas baik bagi dunia
industri dan jasa, termasuk pendidikan.
Berbagai pengertian kualitas, dari beberapa ahli di atas
telah memberikan gambaran umum mengenai kualitas.
Selanjutnya bagaimanakah pengertian kualitas apabila dilihat
dalam konteks pendidikan tinggi? Menurut Yorke (1999}, kualitas
dalam pendidikan tinggi sangat terkait dengan tujuan dari
lembaga pendidikan tinggi itu sendiri dalam pencapaian tujuan
secara efektif. Menurut Green (1994) kualitas dari lembaga
pendidikan dapat dilihat dari kejelasan lembaga tersebut dalam
506